Konservasi Budaya Lewat Festival Lomba Tari Ramayana

Senin 05-08-2024,08:46 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Festival lomba tari ramayana

Diikuti 30 sanggar dari perwakilan wilayah Jawa Tengah dan sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta. Festival ini berlangsung pada hari Minggu, 4 Agustus 2024.

Meriahnya lomba tari Ramayana dengan beragam kostum menarik dari masing masing tokoh. Tokoh pewayangan yang terus diaadikan bisa jadi nilai budaya tesendiri yang bagus.

Dengan karakternya masing masing, sudah pasti tari Ramayana bisa menunjang nama Jogja. Ucap Bapak Sugeng selaku wakil kota Yogyakarta tari Ramayana melambangkan kesantuan dan gotong royong.

Bahkan adanya festival tari Ramayana termasuk promosi mancanegara untuk kebudayaan jogja. Mengajarkan banyak orang untuk terus berkarya dan berinovasi beriringan dengan pelestarian budaya.

Dalam festival ini masih ada acara menarik pada tanggal 6 Agustus 2024 yang berlaku untuk masyarakat umum. Bisa ikut noonton Ramayana Ballet Purawisata dengan pertunjukkan budaya yang menawan.

Bahkan masih ada keseruan lain yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2024. Reuni dangsut purawisata menjadi program menarik guna menarik para wisatawan untuk datang.

Diadaptasi dari Hindu, tarian dengan budaya jawa ini menjadi sangat menarik. Relief Candi Siwa pada Candi Prambanan juga termasuk ke dalam cerita ramayana.

Mengisahkan perjalanan Rama yang mau menyelamatkan istrinya Sita. Dalam kisah, sita dikenal dengan Shinta yang diculik raja Negara alengka, Rahwana. 

Pementasan pangguung tari Ramayana biasanya berlangsung pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Dengan jadwal yang sudah ditentukan, semua orang bisa menikmati menggunakan tiket yang ada.

BACA JUGA : Bangkitkan Semangat Keberlanjutan dan Ekowisata, Mandiri Jogja Marathon 2024 Resmi Digelar

Adanya festival tari ramayana menjadi konservasi budaya yang terus dilestarikan. Dengan keterampilan, pengetahuan, sampai nilai nilai sejarah nenek moyang perlu diteuskan. (*)

Kategori :