Berapa Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Ideal untuk Simpan Makanan, Cek Selengkapnya

Minggu 04-08-2024,20:49 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Usia simpan bahan makanan menjadi lebih singkat karena telanjur terkontaminasi bakteri atau mengalami perubahan rasa dan tekstur.

Bukan cuma suhu freezer terlalu tinggi yang menimbulkan masalah. Kamu juga bisa mengalami beberapa hal berikut ini bila suhu freezer terlalu rendah:

Bunga es mudah muncul menutupi dinding bagian dalam freezer sehingga kapasitas ruang untuk menyimpan bahan makanan dan minuman jadi berkurang.

Tagihan listrik melonjak drastis kalau Kamu menetapkan suhu di bawah standar suhu freezer ideal. Hal ini terjadi karena kompresor akan bekerja ekstra keras mempertahankan suhu tersebut.

Kinerja kompresor kulkas yang berlebihan dalam jangka panjang akibat pengaturan suhu freezer terlalu rendah dapat berujung pada kerusakan.

Tips Ampuh agar Performa Freezer Kulkas Maksimal

Penggunaan freezer dalam batas wajar yang diimbangi perawatan rutin akan membuat performa freezer jadi maksimal dan tak gampang rusak. 

Merawat dan menggunakan freezer dengan cara yang tepat sebenarnya tidak sulit karena Kamu hanya perlu melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Mengisi Freezer Sesuai Kapasitas

Tak sedikit orang mengisi freezer hingga terlalu penuh meskipun hampir tidak muat. 

BACA JUGA : Sederet Tips Memilih Merek Kulkas Terbaik 1 Pintu Sesuai Dengan Kebutuhan

Kebiasaan buruk ini menyebabkan sirkulasi udara dingin dalam freezer jadi terganggu sehingga kemampuannya untuk mendinginkan jadi berkurang.

Lebih parahnya lagi, mengisi freezer merk kulkas terbaik secara berlebihan membuat kompresor bekerja terlalu keras hingga rentan rusak. 

Bahan makanan pun jadi gampang busuk karena tidak mencapai titik beku yang dibutuhkan.

2. Mengurangi Kebiasaan Membuka Pintu Freezer yang Berlebihan

Standar suhu freezer yang telah Kamu tentukan akan terjaga bila freezer dalam kondisi tertutup.

Kategori :