Namun garansi sparepart ini juga harus dipastikan memang kesalahan dari pabrik, bukan kesalahan dari penggunaan yang disengaja. Misalnya PCB kesiram air tidak sengaja, atau bagian pada AC patah karena saat bawa AC kebanting, ini tentu tidak akan diganti oleh pabrik.
Garansi Kompressor
Selanjutnya tipe yang ketiga adalah mengganti kompressor dari unit AC tersebut jika terjadi kegagalan pada compressor. Biasanya untuk garansi tipe ini umurnya lebih panjang jika dibandingkan garansi sparepart.
BACA JUGA : Kenali dan Waspadai Bahaya Yang Timbul Akibat Merek AC Terbaik Jarang Dicuci
Ada Dua Jenis Kebijakan Klaim Garansi
Setelah Anda mengetahui tipe-tipe garansi yang biasa didapatkan saat membeli unit AC baru, selanjutnya ada jenis kebijakan untuk mengklaim garansi.
Kebijakan Sepanjang Masa
Untuk jenis kebijakan yang pertama adalah kebijakan sepanjang masa, dimana pelanggan bisa meminta penggantian part sesuai masa garansi beberapa kalipun tanpa dibatasi.
Contohnya seperti ini, jika garansi sparepart adalah 3 tahun. Jika tahun pertama rusak, maka akan diganti, tidak lama kemudian rusak lagi maka tetap akan diganti selama sepanjang masa garansi tersebut yaitu 3 tahun.
Beberapa merek AC terbaik yang menerapkan kebijakan ini adalah Daikin, Polytron, Sharp, Aqua, LG, Panasonic, Greed dan Changhong.
BACA JUGA : 5 Faktor Penting Memilih Merek AC Terbaik Split, Mulai Kapasitas Hingga Biaya
Kebijakan Sekali Ganti
Pada tipe kebijakan garansi ini maka penggantian hanya boleh dilakukan sekali saja. Jika pada tahun pertama sudah diganti maka garansi dianggap sudah hilang dan tidak ada penggantian selanjutnya, meskipun jika rusak kembali dan masih dalam masa garansi.
Beberapa produsen AC yang menerapkan tipe kebijakan sekali ganti adalah brand AUX dan Bestlife.
Nah, dibawah ini ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengklaim garansi pada AC dengan mudah.
Menyiapkan Kartu Garansi Asli