Ketahui Ciri-ciri Merek AC Terbaik Harus Diservis, Jangan Tunggu Sampai Rusak

Jumat 26-07-2024,19:09 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Menyalakan AC memang akan mengonsumsi listrik, namun jika kamu melihat bahwa tagihan listrik pada rumah kamu tiba-tiba meningkat tanpa alasan yang jelas itu bisa menutup kemungkinan AC yang kamu gunakan mengalami beberapa masalah.

Pasalnya, pendingin ruangan yang efisien tentu tidak akan membutuhkan konsumsi energi yang berlebih.

Untuk itu, kamu perlu memeriksa AC dan servis dengan rutin karena mungkin AC tersebut bekerja lebih keras karena adanya kerusakan di dalamnya, sehingga bisa mengonsumsi lebih banyak energi.

BACA JUGA : Mengatasi Merek AC Terbaik Mengeluarkan Suara Bising, Ikuti Cara Ampuh Berikut

4. Mengeluarkan Bunyi-bunyian yang Tidak Biasa

Jika kamu menyalakan merek AC terbaik, lalu kamu mendengar bunyi-bunyian aneh yang keluar dari unit AC, hal ini bisa menjadi tanda bahwa pendingin ruangan kamu harus segera di servis.

Bunyi tersebut keluar karena adanya masalah mekanis yang harus segera diatasi. Komponen AC yang sudah aus atau longgar juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Pendingin ruangan yang mengalami masalah tersebut tetapi masih dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada unit AC.

5. AC Mengeluarkan Udara Panas

Seperti diketahui, AC dipasang untuk mendinginkan sebuah ruangan. Jadi, jika pendingin ruangan kamu saat dinyalakan mengeluarkan udara panas, itu menandakan adanya komponen AC yang bermasalah atau kotoran menumpuk yang tidak dibersihkan.

Maka, kamu perlu memanggil teknisi dengan segera untuk melakukan pembersihan AC agar pendinginan kembali normal.

6. Hilangnya Pendinginan Secara Bertahap

Ketika menyalakan AC, namun kamu merasa bahwa AC kamu kemampuan pendinginannya hilang secara bertahap maka ada sistemnya yang mengalami masalah.

Hal ini bisa disebabkan oleh komponen AC yang berfungsi tidak baik atau refrigeran yang mengalami kebocoran. Permasalahan tersebut tentu menjadi ciri-ciri bahwa AC kamu harus di servis.

BACA JUGA : 6 Tips Pasang Merek AC Terbaik Dalam Kamar Tidur, Pasti Aman Terkendali

Itulah ciri-ciri merek AC terbaikmu harus segera di servis. Jika kamu melihat salah satu dari ciri di atas, jangan ragu untuk segera memanggil teknisi melakukan servis, ya agar kerusakan tidak semakin berlanjut.(*)

Kategori :