Merek AC Terbaik Anda Bocor, Simak Penyebab Kebocoran dan Solusinya Berikut

Selasa 23-07-2024,18:26 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

3. Kebocoran Freon

Freon berfungsi sebagai zat pendingin yang berperan penting untuk memberikan udara dingin pada ruangan. Jika freon bocor gas bisa keluar dari sistem AC dan menyebabkan berbagai masalah.

Salah satu masalah yang bisa timbul yaitu munculnya bunga es pada evaporator dan bunga es akan menumpuk. Ketika ac dimatikan, bunga es akan mencair dan menetes sehingga merek AC terbaik anda akan mengalami kebocoran air pada indoor.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan AC menjadi kurang efisien dalam bekerja mendinginkan ruangan. Segera hubungi teknisi agar mencegah kerusakan yang berlanjut.

4. Kondensasi yang Berlebihan

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab AC bocor yaitu kondensasi yang berlebihan karena tidak terinsulin atau insulasi robek. Terjaidnya kondensasi berlebih pada jalur pipa yang tidak terbungkus oleh insulin atau insulinnya ribek ini bisa terjadi karena ac sudah berumur.

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Merek AC Terbaik dan Terbaru 2024, Berikut Daftar Produknya

Insulasi pada pipa AC berfungsi untuk mencegah udara panas di sekitar pipa bersentuhan dengan pipa yang dingin. Untuk mencegah masalah ini anda perlu memastikan dan memeriksa bahwa insulasi pipa refrigerant berada dalam kondisi yang baik, dan segera ganti dengan yang baru jika menemukan kerusakan.

Nah itulah beberapa penyebab merek AC terbaik anda mengalami kebocoran air. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda bisa tetap menjaga performa ac agar tetap optimal dan mencegah terjadinya kerusakan dini hingga kerusakan fatal. (*)

Kategori :