Merek AC Terbaik Anda Bocor, Simak Penyebab Kebocoran dan Solusinya Berikut

Selasa 23-07-2024,18:26 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik yang meneteskan air tentu menjadi kekhawatiran sendiri bagi banyak pengguna. Tetapi jika anda dihadapkan pada situasi seperti ini tidak perlu khawatir atau panik.

Ini menjadi hal yang wajar, karena sebagian besar komponen merek AC terbaik dirancang agar sirkulasi air dapat berjalan dengan baik. Selain itu, juga sebagian besar komponen ac sudah tahan air atau waterproof.

Oleh karena itu adanya tetesan air pada merek AC terbaik anda bukanlah ciri bahwa perangkat mengalami kerusakan. Pada kondisi tertentu  outdoor akan meneteskan air karena proses kondensasi yang terjadi.

Meskipun begitu, penting untuk kita mengetahui mengapa merek AC terbaik mengalami kebocoran air. Berikut beberapa hal yang menyebabkan ac mengalami kebocoran air.

1. Penyumbatan pada Pipa Indoor

BACA JUGA : Review Lengkap Merek AC Terbaik LG Inverter, Simak Ulasan Berikut

Seringkali kebocoran air pada AC terjadi karena pipa pembuangan indoor tersumbat. Ini disebabkan karena saluran drain tersebut sudah terlalu kotor, atau berlumut sehingga menyebabkan penyumbatan.

Pipa ini berfungsi untuk mengalirkan air dari hasil kondensasi pada proses pendinginan AC. Jika pipa ini tersumbat, maka akan mengakibatkan air tidak bisa mengalir dan menyebabkan kebocoran.

Masalah ini umum terjadi pada AC yang jarang mendapatkan perawatan rutin. Dan untuk mengatasi masalah ini, jawabannya hanya satu yaitu lakukan perawatan dengan rutin atau berkala agar terhindar dari debu yang berlebih.

2. Saluran Pipa Drain yang Miring atau Terlalu Rata

Saluran pipa drain yang tidak tepat, miring atau terlalu rata bisa menjadi penyebab merek AC terbaik anda mengalami kebocoran air. Saluran pipa drain ini berfungsi untuk mengalirkan air hasil kondensasi dari evaporator AC.

Jadi yang seharusnya air mengalir dengan lancar, namun karena terjadi kemiringan atau saluran pipa yang terlalu rata mengakibatkan terhambatnya air. Akibatnya air akan meluap dan menetes ke luar unit indoor ac.

Dengan begitu, ketika AC baru dipasang anda perlu memastikan saluran pipa drain terpasang dengan kemiringan yang tepat. Sehingga permasalahan ini dapat tercegah dan menjaga AC anda bekerja dengan optimal.

BACA JUGA : Review Lengkap Merek AC Terbaik LG Inverter, Simak Ulasan Berikut

Kategori :