Bisa Tahan Hingga 6 Bulan, Panduan Penting Menyimpan Cumi-Cumi Dalam Merek Kulkas Terbaik

Minggu 21-07-2024,18:47 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Hindari pembelian cumi-cumi yang sudah tidak segar, di mana Kamu bisa identifikasi lewat aromanya yang menyengat amis, warnanya kelabu dan juga memiliki lendir tidak wajar pada permukaan tubuhnya.

2. Bersihkan Cumi dan Pisahkan dari Bagian Tubuh yang Tidak Perlu

Sebelum Kamu menyimpan cumi dalam kulkas, sangat penting untuk membersihkan cumi-cumi tersebut agar terhindar dari kontaminasi.

BACA JUGA : Berbagai Macam Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dan Cara Merawatnya

Hal yang harus Kamu perhatikan ketika hendak menyimpan cumi-cumi adalah bersihkan cumi-cumi tersebut di air mengalir supaya kotorannya luruh sempurna.

Selain itu, jangan lupa pisahkan juga beberapa bagian yang tidak perlu supaya daging bisa langsung diolah ketika Kamu hendak memasaknya. 

Beberapa bagian yang sebaiknya dipisahkan dari daging utama cumi-cumi ini adalah kulit terluar, tulang rawan, mata, kantong tinta, dan beberapa bagian lain yang tidak dapat dimakan. 

Hal ini akan membantu Kamu dalam menyimpan cumi dengan ringkas sekaligus menghindari kotoran.

3. Keringkan Cumi Memakai Kain atau Tisu

Setelah Kamu membersihkan cumi-cumi dari beberapa bagian yang tidak perlu serta mencucinya di air mengalir, maka Kamu harus mengeringkan cumi-cumi terlebih dahulu. 

BACA JUGA : Berikut Penyebab Merek Kulkas Terbaik Mengeluarkan Bau dan Cara Mengatasinya

Cara ini sangat efektif untuk membantu cumi-cumi lebih awet dan bisa Kamu simpan dengan tenang. Biasanya, cumi-cumi dapat dikeringkan menggunakan kain bersih atau tisu dapur. 

Tekan-tekan dengan lembut seluruh bagian cumi agar tidak ada air yang tersisa.

Hal ini karena kandungan air yang tinggi terhadap cumi-cumi tersebut bisa memicu kerusakan yang lebih cepat. 

Sementara itu, jika Kamu meletakkan cumi-cumi dalam kondisi yang masih basah, hal tersebut juga bisa membuat bakteri dan jamur lebih senang tumbuh dan membuatnya busuk sebelum Kamu sempat memasaknya.

4. Masukkan Cumi ke Seal Bag atau Food Container

Kategori :