Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Mini Supaya Awet dan Panjang Umur

Kamis 11-07-2024,20:07 WIB
Reporter : Fisal Sandi Pradesti Sinaga
Editor : Syamsul Falaq

Selain membiasakan menutup lemari es dengan rapat, Anda juga perlu mengecek kondisi karet pada pintu lemari es. Percuma jika kita sudah menutup lemari es dengan rapat namun kondisi pintu karetnya kendor.

Artinya, udara dari luar masih bisa bocor ke dalam merek kulkas terbaik melalui pintu karet. Anda bisa mengecek kondisi karet pintu dengan menjepit kertas pada pintu lemari es.

Jika kertas sulit ditarik, maka karet pintu masih dalam kondisi baik begitu pula sebaliknya. Untuk menjaga keawetan dan kebersihannya, gosok karet pintu secara berkala menggunakan larutan soda kue dan sikat gigi.

Isi sesuai kapasitas

Isi lemari es sangat berpengaruh terhadap sirkulasi udara di dalam lemari es. Jika lemari es terlalu kosong, mesin akan bekerja lebih keras untuk mengisi ruang kosong di dalam lemari es. Sedangkan jika lemari es terlalu penuh, sirkulasi udara akan terganggu dan lemari es menjadi kurang dingin. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan isi atau jumlah barang yang akan kita simpan di lemari es dengan kapasitas lemari es agar kondisi lemari es tetap prima.

Perhatikan juga penempatan barang-barang di lemari es. Sebisa mungkin hindari meletakkan barang-barang yang terlalu besar di depan kipas pendingin internal. Akan lebih baik jika Anda memberikan sedikit ruang kosong agar kipas internal dapat bekerja lebih maksimal.

Di bagian pintu lemari es, isi dengan barang-barang ringan agar tidak membebani pintu lemari es. Pusatkan beban di rak paling bawah lemari es, bukan di pintu atau di rak paling atas.

BACA JUGA : Rahasia Jaga Kesejukan Makanan, Berikut 7 Cara Merawat Kulkas Tetap Awet Efisien

Sesuaikan suhu secara teratur

Anda perlu memeriksa suhu di lemari es atau freezer secara rutin. Apalagi setelah listrik padam dan setelah Anda membersihkan lemari es. Untuk menghambat pertumbuhan bakteri, atur suhu di lemari es maksimal 5 derajat Celcius.

Sedangkan untuk freezer, atur suhu pada 0 derajat Celcius. Suhu tersebut sangat sesuai untuk freezer karena dapat menjaga es tetap beku namun tidak terlalu banyak mengkonsumsi energi listrik. Periksa juga kotak freezer jika masih tertutup rapat dan berfungsi dengan baik.

Jangan menambahkan makanan dan minuman yang masih panas

Hindari memasukkan makanan dan minuman panas langsung ke dalam lemari es. Suhu panas dari makanan dan minuman tersebut akan mengacaukan suhu di dalam lemari es. Dengan demikian, mesin pendingin akan bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan suhu. Ini akan menghabiskan banyak energi listrik.

Perubahan suhu yang drastis juga tidak baik untuk makanan dan minuman tersebut. Jika disimpan dalam wadah kaca, perubahan suhu ini dapat membuat kaca pecah. Selain itu, perubahan suhu juga akan membuat makanan cepat basi karena memicu tumbuhnya jamur dan bakteri.

Itulah informasi yang di atas semoga dapat menambah wawasan dan dapat dipraktekkan pada merek kulkas terbaik mini Anda.(*)

Kategori :