Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Mini Supaya Awet dan Panjang Umur

Kamis 11-07-2024,20:07 WIB
Reporter : Fisal Sandi Pradesti Sinaga
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Ingin menyimpan makanan atau minuman agar tahan lama tetapi tidak memiliki cukup ruang? Anda bisa mempertimbangkan merek kulkas terbaik mini sebagai solusinya.

Selain lebih murah, kulkas mini juga bisa menjadi alternatif yang bisa kamu gunakan saat traveling. Simak rekomendasi merek kulkas terbaik mini dan ulasan berikut ini : 

Merek kulkas terbaik mini yang praktis dan mudah digunakan dalam berbagai situasi

Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat penting untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari. Namun, ukuran lemari es yang terlalu besar seringkali menjadi kendala. Kini merek kulkas terbaik tidak hanya digunakan di rumah, tetapi juga di kantor atau ruang kost yang tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup luas. Oleh karena itu, lemari es berukuran kecil muncul.

Kelebihan kulkas kecil atau biasa disebut merek kulkas terbaik mini adalah lebih praktis dalam banyak hal. Ukurannya yang kecil membuat lemari es ini tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Anda bisa meletakkannya di ruang tamu, ruang kerja, bahkan di kamar tidur.

BACA JUGA : Penyebab Merek Kulkas Terbaru Mudah Rusak, Berikut Tips Merawat Kulkas Yang Benar

Bersihkan bagian dalam dan luar lemari es

Agar lemari es tetap awet, tentunya Anda perlu membersihkannya secara berkala. Ini berlaku untuk lemari es besar dan lemari es mini. Apalagi jika Anda sering menggunakan lemari es untuk menyimpan makanan yang mudah rusak. Urutkan isi kulkas Anda minimal seminggu sekali dan bersihkan bagian dalam lemari es minimal sebulan sekali.

Tujuannya untuk menghindari bau tak sedap yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Sayang sekali jika lemari es yang seharusnya bisa menjaga kesegaran makanan terkontaminasi oleh jamur dan bakteri.

Sebelum membersihkan lemari es, sebaiknya matikan sambungan listrik terlebih dahulu untuk keselamatan Anda. Setelah itu, keluarkan semua isinya seperti makanan, minuman, dan lain-lain. Buang semua makanan dan minuman yang sudah tidak bisa dikonsumsi lagi. Jika demikian, keluarkan semua bagian dalam lemari es yang bisa dilepas.

Cuci bersih menggunakan air dan sabun lalu keringkan agar tidak berkarat. Untuk bagian dalam lemari es, cukup dilap menggunakan tisu basah, kain bersih yang dicampur sabun dan air hangat, kain mikrofiber, atau spons. Jangan lupa untuk mengeringkan seluruh bagian dalam terlebih dahulu sebelum Anda memasang bagian-bagian yang baru saja Anda lepaskan.

BACA JUGA : Berikut Tips Merawat Kulkas Terbaru Tetap Bersih Wangi Ala IRT Youtuber

Pastikan pintu lemari es tertutup rapat

Kita terlalu sering menutup lemari es secara sepintas karena pintu lemari es memiliki magnet yang membuatnya menutup sendiri. Namun sebenarnya, kita perlu benar-benar memastikan apakah pintu lemari es tertutup rapat atau tidak.

Lemari es yang tidak tertutup rapat akan mengkonsumsi daya listrik yang lebih besar dan membuat mesin pendingin cepat rusak. Sebab, dia akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu di dalam lemari es tetap dingin saat terjadi kebocoran udara dari luar akibat lemari es tidak tertutup rapat.

Kategori :