Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Mengalami Penumupukan Bunga, Simak Disini Solusinya

Minggu 16-06-2024,16:25 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah dengan menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Padahal kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bunga es di dalam kulkas.

Pasalnya, uap panas dari makanan atau minuman akan menimbulkan pembentukan embun beku.

Tidak hanya itu, wadah untuk menyimpan makanan yang tidak ditutup dengan rapat dapat menimbulkan menimbulkan bunga es di dalam freezer. Hal ini dikarenakan air yang ada pada wadah dapat menguap ke bagian kompartemen kulkas yang akhirnya akan mengembun di dinding dan rak.

Isi Kulkas yang Terlalu Kosong

Penyebab lain penumpukan bunga es di dalam freezer adalah karena isi kulkas terlalu kosong. Semakin sedikit makanan yang ada di dalam kulkas maka banyak kesempatan terjadinya penumpukan bunga es.

BACA JUGA :  Karet Merek Kulkas Terbaik Milikmu Banyak Jamur, Pakai Bahan Alami Ini Untuk Mengatasinya

Tips Mencegah Bunga Es pada Kulkas

Penumpukan bunga es di dalam freezer banyak menimbulkan dampak negatif, baik untuk kualitas makanannya atau untuk unit kulkas itu sendiri. Oleh karenya ada beberapa cara untuk mencegah penumpukan bunga es di dalam freezer merek kulkas terbaik.

Cara yang pertama adalah mengatur suhu kulkas dengan suhu yang ideal tetapi juga disesuaikan dengan isi kulkas.

Kemudian, hindari untuk membuka pintu kulkas terlalu sering, apalagi kalau dibukanya terlalu lama

Selanjutnya adalah menghindari menyimpan makanan atau minuman yang terlalu panas. Anda bisa mendinginkan atau mendiamkannya terlebih dahulu sehingga suhunya tidak terlalu panas.

Langkah yang terakhir untuk mencegah terjadinya penumpukan bunga es di dalam freezer adalah dengan mengisi merek kulkas terbaik sesuai dengan kapasitasnya. Paling tidak, freezer kulkas harus terpenuhi 3 per 4 bagian dari kapasitas yang sudah ditetapkan.

Itulah beberapa penyebab freezer merek kulkas terbaik mengalami penumpukan bunga es. Diatas juga sudah dipaparkan cara bagaimana mencegahnya, semoga bermanfaaat. (*)

Kategori :