Ini Dia Lokasi Puncak Sosok, Wisata Terbaru 2024 Jogjakarta yang Ngehits Buat Healing? Simak Ulasan Lengkapnya

Minggu 07-04-2024,07:25 WIB
Reporter : Irfa Khunainah
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA-  Siapa yang tidak menyukai wisata. Beragam wisata paling update di bangun untuk menarik pengunjung. Seperti Puncak Sosok yang merupakan wisata terbaru 2024 di Jogjakarta yang lagi hits buat healing.

Wisata terbaru 2024 di Jogjakarta ini menampilkan kawasan sejuk dan pemandangan yang indah, sangat cocok buat healing. Lokasinya pun tidak terlalu sulit untuk di jangkau.

Puncak Sosok yang lagi hits sebagai wisata terbaru 2024 di Jogjakarta, memiliki baragam aktifitas yang bisa kamu lakukan di sana. Karena itu akan lebih seru jika kamu mengajak pula keluarga atau teman untuk healing di sini.

Artikel ini akan membahas terkait Puncak Sosok, wisata terbaru 2024 di Jogjakarta yang lagi hits buat healing. Simak hingga akhir sebelum kamu mengunjunginya ya.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Telaga Ngebel? Surga Tersembunyi di Ponorogo Pesonanya Estetik Spot Cantik Buat Lebaran

Puncak Sosok

Puncak sosok merupakan salah satu destinasi di Jogjakarta yang menyuguhkan pemandangan pegunungan sekaligus panorama Kota Jogja dari ketinggian. Tempat ini menjadi hits lantaran semakin bagus dengan beragam fasilitas dan spot foto yang dapat menarik minat pengunjung.

Lokasi Puncak Sosok

Tempat wisata Puncak Sosok beralamat di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berada di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger, hanya sekitar 8,5 km atau kurang lebih 25 menit perjalanan untuk menuju Puncak Sosok.

Terdapat beberapa pilihan rute yang bisa kamu pilih untuk sampai di Puncak Sosok.  Apabila berada di pusat kota Jogja, kamu bisa mengambil arah ke Imogiri Timur lalu mengambil arah ke Jl. Pleret. Dengan jarak 22.5 km, kamu akan menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam dari rute tersebut. Namun, akses jalan yang sedikit kecil membuat kamu harus berhati-hati.

Setelah menemukan Jl. Pleret, ambil arah kanan hingga bertemu pertigaan, lalu belok kiri. Kemudian kamu akan melewati jembatan Segoroyoso, lalu lurus terus hingga menemukan pertigaan, selanjutnya ambil arah kiri melalui Jl. Bawuran hingga sampai ke lokasi Puncak Sosok.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk wisata ini, kamu bisa bayar secara sukarela loh. Namun, untuk biaya parkir motor harus membayar Rp2.000,00 dan Rp5.000,00 untuk parkir mobil.

Untuk Jam operasional Puncak Sosok ini berbeda-beda, tergantung pada hari berkunjung.

Senin hingga Jumat: 15.00 WIB–23.00 WIB. Sabtu dan Minggu: 06.00 WIB–23.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung ke kawasan wisata ini adalah sore hari. Di sana, kamu bisa melihat keindahan senja dari puncak bukit sembari menikmati udara sejuk perbukitan Bantul.

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Lampung Utara? Dijamin Kamu Suka, Buruan Cek Disini

Kegiatan Seru di Puncak Sosok

Berwisata di Puncak Sosok, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seru diantaranya:

1. Gowes Seru Jelajah Bukit

Area di sekitar Puncak Sosok hampir disetiap pagi hari Sabtu dan Minggu diramaikan oleh para pengunjung yang bersepeda ke atas bukit. Sembari beristirahat, tentu mereka dapat menikmati pemandangan pagi hari dengan udara segar.

Jika kamu ke sana membawa sepeda, maka wajib mencoba lintasan downhill sepanjang 1,4 kilometer yang ada di wisata Puncak Sosok. Lintasan ini membentang dari Puncak Sosok hingga Puncak Gebang.

2. Foto di Spot Instagrammable

Pucak sosok memiliki begaram tempat menarik yang disediakan pihak pengelola sebagai spot foto intagramable. Seperti contohnya jalan setapaknya yang cantik mengelilingi bukit. Terdapat pula tempat duduk yang dibuat unik seperti terbuat dari kayu dengan bentuk menarik juga menambah ke estetikan foto kamu.

Selain itu, ada gardu panjang yang menyajikan panorama dan pemandangan lampu-lampu kota cantik bila kamu datang di malam hari. Tentu akan membuat hasil foto kamu semakin elegan.

3. Bersantai Menikmati Senja

Tujuan lagi berwisata ke Puncak Sosok ini yaitu menikmati senja atau terbenamnya matahari. Di bukit ini, kamu bisa menikmati momen cantik pergantian hari menuju malam. Perpaduan lampu-lampu di kota dan sinar bulan dari atas bukit menjadi pemandangan indah untuk dinikmati.

4. Live Music di Alam Bebas

Sebagai wisata terpopuler yang lagi hits, Puncak Sosok juga mengikuti trand wisata yang ada, seperti adanya live music di alam bebas. Saat malam akhir pekan, akan ada band atau grup musik yang siap menyanyikan lagu untuk menghibur pengunjung.

Kamu juga bisa menyumbangkan nyanyian yang akan diiringi band loh. Hadirnya live music ini semakain menambah keromantisan malam di Puncak Sosok. Tidak hanya musik, namun hiburan lain seperti pentas tari atau Sendratari Ramayana juka akan tampil untuk menghibur pengunjung.

5. Wisata Kuliner

Kurang rasanya jika wisata tanpa kuliner, tenang saja karena di Puncak Sosok ini, terdapat beberapa tempat makan yang menjual beragam sajian makanan, mulai dari yang ringan, berat, hingga khas Jogja.

Terdapat pula sate angkringan dan bakso tusuk yang akan menambah kenikmatan berlibur di dari bukit Sosok. Harganya pun sangat terjangkau Moms. Misalnya, Untuk satu tusuk bakso dijual sekitar Rp1.000,00.-

Untuk fasilitas umum yang tersedia di Puncak Sosok sudah lengkap, jadi kamu tidak perlu khawatir dan akan nyaman jika berkunjung ke sini. Diantara sarana tersebut adalah:

Kafetaria
  • Panggung musik
  • Musala
  • Kamar mandi
  • Area parkir
  • Itulah lokasi wisata Puncak Sosok yang merupakan wisata terbaru 2024 di Jogjakarta yang lagi hits buat healing. Selamat mencoba. (*).

    BACA JUGA : Liburan Murah Sambil Belajar Sejarah? Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Candi Yogyakarta, Punya Harga Tiket Murah

    Kategori :