Wisata Terbaru 2024 Museum RA Kartini di Jepara: Mengenang Perjuangan Pahlawan Emansipasi Wanita

Kamis 04-04-2024,18:05 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Ketika kamu berlibur ke Jepara, Museum RA Kartini merupakan salah satu tempat wisata di yang nggak boleh dilewatkan. Tempat wisata terbaru 2024 ini sempurna untuk kamu yang ingin lebih mengenal pahlawan bagi emansipasi wanita.

Museum RA Kartini di Jepara adalah sebuah tempat wisata terbaru 2024 berupa museum umum yang didirikan untuk mengenang jasa pahlawan RA Kartini sebagai perintis emansipasi wanita di Indonesia.

Tempat wisata terbaru 2024 Museum R.A Kartini didirikan pada 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo, atas usulan dari wakil rakyat dan bantuan dari Presidan Soeharto.Kemudian peresmian museum ini dilakukan pada 21 April 1977 oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jepara yaitu Soedikto S.H.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Jepara Ourland Park, Simak Lokasi, HTM dan Fasilitas Lengkapnya Disini

Museum Kartini merupakan museum lokal yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Jepara. Wisata terbaru 2024 museum ini memamerkan benda-benda peninggalan RA Kartini semasa hidupnya dan benda peninggalan kakaknya, yaitu RMP Sosrokartono

Tidak hanya itu, di dalam Museum RA Kartini juga terdapat benda-benda kuno hasil temuan di wilayah Kabupaten Jepara. Nah, kalau kamu kepo terkait tempat wisata favorit  terpopuler yang satu ini, simak ulasannya dibawah ini.

Sekilas Tentang Museum RA Kartini

Wisata favorit kekinian Museum Kartini terbagi menjadi 4 ruangan, yaitu Ruang Kartini, Jepara Kuno, Dar Oes-salam dan Ruang Kerajinan. Dibawah ini merupakan penjelasan dari masing-masing ruangan yang ada di Museum Kartini

Ruang 1 (Ruang Kartini)

Dilihat dari namanya saja sudah terlintas bahwa ruangan ini merupakan ruangan berisikan kisah hidup dari pahlawan RA. Kartini. Kisah hidup ini digambarkan melalui foto-foto beliau dari masa ke masa.

Selain itu, di ruangan ini juga terdapat beberapa tulisan surat-surat dari beliau yang dijuluki sebagai pahlawan emansipasi wanita. Kemudian di Ruang Kartini juga ada beberapa furniture yang pernah digunakan oleh beliau semasa hidupnya.

Ruang 2 (Jepara Kuno)

Beralih ke ruangan yang kedua, ruangan tersebut diberi nama Jepara Kuno. Di ruangan yang satu ini terdapat fosil ikan zaman purba yang sangat besar.

Wisata trending kekinian Museum Kartini khususnya di ruang Jepara Kuno juga ada prasasti yang ditemukan di Candi Angin dan beberapa koleksi gerabah dan keramik pada zaman dahulu.

Ruang 3 (Dar Oes-Salam)

Selanjutnya ruangan yang ketiga, yaitu Dar Oes-Salam yang artinya perdamaian. Di dalam ruangan Dar Oes-Salam ada kereta kencana, lukisan beberapa kerabat Kartini, serta beberapa furniture yang berkaitan dengan keluarga Kartini.

Ruang 4 (Ruang Kerajinan)

Ruangan terakhir yang ada di tempat wisata paling trending ini menyimpan berbagai koleksi kerajinan khas Jepara. Dimana ukiran khas Jepara ini sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara.

Di Ruang Kerajinan Museum Kartini ini ada ukiran Pangeran Diponegoro hingga ukiran RA. Kartini itu sendiri. Selain itu, ada juga alat untuk menangkap ikan dan peralatan memasak.

BACA JUGA : 5 Kegiatan Seru Buat Mengisi Libur Lebaran Wisata Terbaru 2024 Jepara Ourland Park, Cobain Sensasi Wahananya

Lokasi Museum RA Kartini

Tempat wisata paling hits Museum Kartini ini teretak di Jl. Kartini, Panggang I, Desa Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Letaknya yang berada di tengah kota cukup memudahkan bagi para pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata terpopuler kekinian ini. Kalu kamu berjalan kaki dari Alun-Alunnya hanya memakan waktu sekitar 2 hingga 5 menit saja. Akses jalannya dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, bahkan transportasi umum.

Operasional Museum RA Kartini dan Harga Tiket

Kamu dapat berkunjung ke wisata bernuansa sejarah Museum RA Kartini yang ada di Jepara ini buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Kalau kamu berkunjung ke Museum RA Kartini pada hari Senin-Jumat tidak dikenai biaya alias gratis. Sedangkan kalau berkunjung pada hari Sabtu-Minggu akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000 untuk anak-anak dan sebesar Rp 8.000 untuk dewasa.

Fasilitas yang Tersedia

Museum Kartini yang beroperasi setiap hari ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan bagi para pengunjung. Beberapa fasilitas yang ada di tempat wisata viral terkini ini, diantaranya panggung acaram ruang pameran, toilet dan area parkir yang memadai.

BACA JUGA : Berikut 7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 di Jepara, Cocok Buat Liburan Akhir Pekan

Sebelum menutup artikel ini, kita akan membahas sedikit bagaimana perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita untuk wanita-wanita yang ada di Indonesia. Check this out...

Perjuangan RA Kartini

Siapa yang tidak mengenal RA Kartini, pahlawan Indonesia yang sangat memperjuangkan emansipasi bagi wanita. Berkat perjuangannya, wanita Indonesia saat ini dapat hidup lebih baik dari sebelumnya. Sebab, kehidupan wanita Indonesia di zaman dulu sangat dipandang rendah dan bahkan tidak diizinkan untuk mendapatkan pendidikan sama sekali.

Perjuangan RA. Kartini sangatlah berarti, karena kalau beliau tidak memperjuangkan emansipasi maka tidak menutup kemungkinan kehidupan wanita Indonesia saat ini tidak akan dapat bergerak dan mengejar cita-cita yang diinginkan.

Museum Kartini Jepara dapat menjadi pilihan tempat terbaru 2024 untuk kita lebih mengenal siapa dan bagaimana perjuangan yang telah beliau lakukan di masa lalu. Selamat berkunjung!(*)

Kategori :