Purwodadi Punya? 5 Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024 Yang Wajib Kamu Cobain, Nomor 3 Bisa Bikin Ketagihan

Kamis 04-04-2024,02:05 WIB
Reporter : Mohamad Al Ma'arif
Editor : Syamsul Falaq

Satu  hal lagi yang membuat unik dari Sayur Becek ini yaitu akan langsung dihidangkan dengan nasi putih. Gimana tertarik untuk mencobanya? Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 25 ribu saja untuk dapat menikmati sajian khas ini.

3. Nasi Pager Godong

Begitu mendengar kuliner Nasi Pager Godong, pasti semua orang akan penasaran apa sebenarnya sajian khas wisata favorit terpopuler ini? Entah dari mana nama Pager yang bermakna pagar ini berasal, tapi cita rasa dari urap sayur ini dijamin unik dan tidak bisa kamu jumpai di daerah lain.

Yang sajian khas  ini berbeda yaitu tambahan uyah goring dan sambal pecel yang menjadi khasnya. Bukan hanya sekedar rasanya yang berbeda tapi kamu bisa menyantap sego pager dengan penyajian pincuk dari daun pisang  sederhana.

Biasanya satu porsi kuliner khas ini akan disajikan dengan sejumlah lauk pelengkap seperti bakwan, peyek,  mendoan dan juga sajian teh hangat. Menurut cerita yang beredar, Sego Pager ini sudah ada sejak 70 tahun lalu dimana komposisinya menggunakan sayuran yang kerap dijadikan sebagai pagar.

BACA JUGA : Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Hutan Pinus Pengger, Pilihan Ideal Untuk Berlibur Bersama Keluarga di Bantul

4. Yangko

Yangko merupakan jenis kuliner khas kudapan tradisional yang berasal dari Purwodadi. Kue ini sebenarnya berasal dari daerah Grobokan, akan tetapi lebih popular setelah masuk ke wilayah Yogyakarta. 

Kuliner khas ini terbuat dari tepung ketan yang mempunyai bentuk sedikit lebih pipih atau gulungan panjang. Lalu dipotong sampai menjadi lebih kecil dan pas untuk dipegang.

Kemudian setelah dipotong, setiap potongannya dibaluri dengan tepung terigu sangrai yang menjadikan rasanya lebih unik. Nah untuk memberikan cita rasa yang lebih enak, biasanya Yangko diisi dengan campuran gula merah dan kacang untuk menjadikan rasa legit yang khas. 

Bukan itu saja, yang menjadi unik yaitu dari cara pengemasannya yang dibungkus dengan daun. Jika merasa tidak puas dan makin penasaran, maka kamu bisa segera berkunjung dan membawa pulang Kue ini sebagai oleh – oleh khas Purwodadi.

BACA JUGA : Explorasi Wisata Terbaru 2024 Alam Kalibiru di Kulon Progo? Simak Rute Hingga Fasilitas Lengkapnya Disini

5. Semprong

Umumnya Kue Semprong adalah jenis stick roll jika kita lihat dari segi bentuknya. Tapi dari segi ukuran makanan khas wisata andalan kekinian Purwodadi ini lebih besar jika dibandingkan dengan astor atau roll stik lain.

Bahan utama untuk membuat kue semprong ini hampir mirip dengan kue pada umumnya. Hanya saja berbeda proses.

Kue Semprong dibuat dengan menggunakan oven, yang sebelumnya sudah digulung lonjong. Teksturnya yang renyah dengan cita rasa manis membuat makanan ini lebih disukai anak-anak. 

Kategori :