Wisata Terbaru 2024? 8 Rekomendasi Wisata Air Terjun Terbaik Dan Populer Di Salatiga Jawa Tengah

Selasa 26-03-2024,20:45 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Salatiga merupakan kota yang terletak antara Surakarta dan Semarang Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan wisata terbaru 2024 bernuansa alamnya yang indah dan memukau.

Dengan keindahan alamnya, Salatiga memiliki berbagai destinasi wisata terbaru 2024 yang dapat dikunjungi. Salah satunya wisata air terjun terbaik dan populer di Salatiga.

Setiap wisata terbaru 2024 air terjun terbaik dan populer di Salatiga ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda, suasananya yang asri, alami, dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri.

Berikut 8 rekomendasi wisata terbaru 2024 air terjun terbaik dan populer di Salatiga Jawa Tengah :

1. Air Terjun Umbul Songo

Air terjun ini memiliki keindahannya sangat mempesona. Destinasi ini diapit oleh Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu. Pemandangan di sini benar-benar sangat indah. Air terjun dikelilingi tanaman hijau, seperti lumut dan tanaman air yang tumbuh subur di tebing. Perkebunan yang ada di sekitaran air terjun juga menambah keindahan dariwisata ini.

2. Air Terjun Telogo Putri

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terbentuk di antara tebing-tebing batu karang. Pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun yang indah dan segar, serta melakukan trekking untuk mengeksplorasi sekitar air terjun.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata terbaru 2024 Air Terjun Grojogan Sewu menawarkan pesona alam yang memesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan terletak di tengah hutan yang rimbun. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian memberikan suasana yang menenangkan. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar dan berfoto di lokasi yang indah ini.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik Di Salatiga Jawa Tengah

4. Air Terjun Kali Pancur

Ketinggian air terjun ini sekitar 150 meter dan dikelilingi bebatuan, pepohonan, dan semak belukar. Suasana di sekitarnya masih sangat alami, dengan air yang segar dan pemandangan alam yang memukau. Di sana juga terdapat gua yang tersembunyi di bawah kucuran air.

5. Air Terjun Kembar Baladewa

Air Terjun Kembar Baladewa menyuguhkan dua air terjun yang bersebelahan yang sangat memesona. Ketinggian air terjun   sekitar 50 meter dan 70 meter engan dengan dinding-dinding batu yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang asri. Selain air tejrun, wisata alam ini juga menyajikan panorama alam pedesaan berupa hamparan sawah yang sangat luas.

6. Air Terjun Lawe Benowo

Air Terjun ini memiliki dua aliran air terjun dalam satu lokasi yang sangat elok dan menawan hati. Nama kedua air terjun ini, Curug Lawed an Curug Benowo yang saling berdampingan dengan keinggian masing-masing 30 meter dan 40 meter. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam alami yang sangat jernih. Namun, pengunjung dilarang berenang karena kolamnya sangat dalam dan arusnya deras.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik Di Salatiga Jawa Tengah

7. Air Terjun Joko Tingkir

Air Terjun Joko Tingkir mungkin terlihat lebih kecil dari air terjun kebanyakan. Saat musim hujan, jumlah aliran airnya lebih banyak yaitu tiga aliran dari yang biasanya hanya satu aliran. Pengunjung akan disuguhkan dengan alam yang asri dan alami. Suasana yang sejuk dan nyaman dari gemricik air dan rindangannya pohon membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

8. Air Terjun Semirang

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter yang terletak di kawasan hutan lindung seluas 10 hektar, dan untuk mencapainya, pengunjung harus melakukan trekking melalui hutan wisata ini. Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa mendengar suara gemercik air dan menyeberangi sungai kecil yang jadi muara air terjun. Jika beruntung, selama di perjalanan bisa menemukan aneka satwa liar kecil seperti tupai, burung, dan kadal.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 air terjun terbaik dan populer di Salatiga Jawa Tengah. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :