Cari Jajanan Jadul? Pasar Srumping Bumijawa Tempatnya! Wisata Terbaru 2024 Tawarkan 19 Kuliner Khas Pedesaan

Sabtu 16-03-2024,15:15 WIB
Reporter : Mohamad Al Ma'arif
Editor : Syamsul Falaq

BACA JUGA : Rekomendasi Takjil Bulan Puasa Favorit Masyarakat Lezat dan Murah

11. Gemblong Bakar

Gemblong Bakar merupakan hidangan khas Moga yang telah lama digemari, dan memiliki penggemar tersendiri. Terbuat dari beras ketan, yang ditanak kemudian dihaluskan dengan cara tumbuk, setelah halus ditempatkan diwadah yang lebar

12. Getuk 

Getuk  adalah penganan yg terbuat dari singkong, direbus, kemudian dicampur gula pasir atau gula merah dan kelapa ditumbuk sekaligus. Getuk merupakan penganan tradisional khas masyarakat Jawa yang populer di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Ngawi dan Jawa Timur.

13. Cenil

Cenil sendiri merupakan kue yang terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka dan ditabur kelapa parut pada bagian luarnya. Makanan yang satu ini biasanya disajikan juga bersama kuah gula merah yang dapat menambah kelezatannya.

BACA JUGA : Mulai Dari Kawah Kereta Api : Wisata Terbaru 2024 Garut yang Instagramable

14. Tape

Tapai adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya beras ketan dan umbi singkong.

15. Blendung

Salah satu olahan jagung adalah jajanan tradisional khas Bumiayu yang disebut “Blendung”. Blendung dibuat dari jagung yang dipipil kemudian direbus hingga merekah, biasanya disajikan dengan alas daun pisang dan diberi taburan kelapa parut serta gula pasir.

16. Kraca

Kraca merupakan olahan keong sawah yang dimasak dengan berbagai macam bumbu dapur dan rempah-rempah. Kraca menjadi salah satu camilan khas warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, saat bulan Ramadhan.

BACA JUGA : 5 Wisata Terbaru 2024 Malang yang Viral di TikTok, Salah Satunya Sering Dikunjungi Influencer!

17. Cucur

Kategori :