Cari Jajanan Jadul? Pasar Srumping Bumijawa Tempatnya! Wisata Terbaru 2024 Tawarkan 19 Kuliner Khas Pedesaan

Sabtu 16-03-2024,15:15 WIB
Reporter : Mohamad Al Ma'arif
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Jika kamu ingin menemukan keunikan dan kekhasan nuansa pedesaaan, kamu bisa datang ke wisata terbaru 2024 di Pasar Slumpring Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Yang perlu diperhatikan juga, Pasar Slumpring hanya buka tiap hari Minggu pagi hari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Suasana khas pedesaan dengan susana yang sejuk, alam terbuka penuh dengan pepohonan bambu yang rindang menjadi salah satu kekhasan di wisata terbaru 2024 Pasar Slumpring. Selepas pintu masuk, pengunjung diarahkan untuk menukar koin yang terbuat dari bambu dengan nilai Rp 2.500 per koin.

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Boyolali Paling Ramai Dikunjungi, Nomor 2 Punya Banyak Spot Unik dan Menarik!

Koin bambu ini digunakan transaksi ketika ingin menikmati jajanan tradisional. Menu-menu tradisional semacam rujak, ponggol dan jajanan khas desa terjadi di area yang cukup luas di bawah pohon bambu yang rindang.

Pasar Tradisional slumpring salah satu wisata terbaru 2024 yang merupakan pasar makanan lokal yang bertujuan menggerakkan perekonomian masyarakat setempat. Pasar ini berjalan atas inisiasi perkumpulan hidora (Hiduplah Indonesia Raya) - sebagai konsultan pariwisata desa- setelah acara launching Bumijawa Festival pada tanggal 3 & 4 Februari 2018.

Sebagai destinasi wisata terbaru 2024 di Kabupaten Tegal, eksistensinya cukup signifikan dengan antusiasnya pengunjung datang kesana pendapatan masyarakat yang bertambah dan Pasar Slumpring semakin berkembang. Wisata Pasar Slumpring ini termasuk wisata desa yang dikembangkan dari tahun 2016. 

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Boyolali Paling Ramai Dikunjungi, Nomor 2 Punya Banyak Spot Unik dan Menarik!

Dalam perjalannya, pengunjung wisata terbaru 2024 ini ini terbilang naik turun karena dampak pandemi. Namun hingga kini, pasar slumping yang dibuka setiap Minggu pagi sampai siang ini masih suka dikunjungi wisatawan dari luar kota.

Adapun 19 jajanan yang disediakan di wisata terbaru 2024 adalah sebagai berikut:

1. Nasi jagung

Nasi Jagung merupakan makanan khas Indonesia yang sangat terkenal di daerah Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nasi jagung biasa disantap untuk sarapan, karena tersaji dengan aneka lauk dan harganya yang cukup murah.

2. Nasi ponggol

Nasi Ponggol adalah nasi yang dibungkus daun pisang dengan lauk sambal goreng tempe. Bagi orang Tegal, Nasi Ponggol identik dengan menu sarapan pagi karena mereka punya kebiasaan makan Nasi Ponggol pada pagi hari. 

3. Nasi bakar

Nasi bakar merujuk pada nasi yang dibakar oleh arang sampai daun pisang berubah menjadi agak kehitaman dengan menggunakan beberapa bumbu dan lauk, kemudian dibungkus dengan Daun pisang, lalu dibakar di atas api menyala.

Kategori :