Melepas Penat dan Suntuk? Wisata Terbaru 2024 Curug Jenggala Banyumas, Bisa Kamu Jadikan Destinasi Healing

Kamis 29-02-2024,18:35 WIB
Reporter : Irfa Khunainah
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA-  Curug Jenggala merupakan sebuah tempat wisata terbaru 2024 bernuansa alam yang berbentuk air terjun dan berlokasi di Banyumas, Jawa Tengah. Daya tariknya terletak pada jumlah curugnya yang berjajar 3.

Pada awalnya curug janggala ini bernama Curug Tempuan karena terdapat beberapa sungai yang menjadi satu. Setelah melalui mufakat akhirnya namanya diganti menjadi Jenggala, yang berarti Ksatria.

Wisata terbaru 2024 Curug di Banyumas Jawa Tengah ini, sangat cocok menjadi destinasi kamu yang ingin melepas penat dan kesibukan pekerjaan. Karena menawarkan keindahan serta kesegaran air terjun tersebut.

Artikel ini akan membahas terkait wisata curug jenggala di Banyumas, Jawa Tengah. Simak hingga akhir sebelum melakukan perjalanan kesana.

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Solo? Rasakan Sensasi Liburan Bareng Keluarga Sambil Mengenal Budaya Lokal!

Wisata terbaru 2024 Curug Jenggala memiliki daya tarik utama yang bisa dilihat dari kehadiran air terjunnya, yaitu memiliki tiga aliran air terjun utama dengan satu aliran air terjun kecil yang terlihat menyatu. Tingginya pun hanya sekitar 30 meter (rata-rata tingginya sama).

Sedangkan sumber air Curug Jenggala sendiri berasal dari gabungan beberapa sungai. Meskipun aliran air yang turun sangat deras, namun kondisi airnya sangat jernih.

Area kolamnya juga sangat luas dan cukup dangkal. Jadi cocok untuk spot hunting foto atau sekedar bermain air.

Kawasan wisata terbaru 2024 Curug Jenggala juga punya taman yang eksotis yang bisa digunakan untuk tempat bersantai. Selain itu, area camping juga jadi favorit wisatawan yang ingin menikmati panorama alam yang eksotis di Curug Jenggala.

Harga tiket masuk curug pun murah meriah. Pemandangannya jauh melebihi ekspektasi karena begitu indah dan menggoda. Sungguh tidak sebanding dengan harga tiketnya yang super terjangkau.

Lokasi dari wisata Curug Jenggala ini berada di kawasan Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152. Air terjun dengan air jernihnya yang menyegarkan cocok dikunjungi saat ingin refreshing.

BACA JUGA : 6 Destinasi Pantai di Tegal, Wisata Terbaru 2024 Yang Paling Hits! Kesini Kuy!

Daya tarik dari Curug Jenggala ini bisa Kamu nikmati dengan adanya 4 spot menarik berikut:

1. Deck Bentuk Hati

Di Kawasan wisata terbaru 2024 Curug Jenggala terdapat deck besar dari kayu yang berbentuk hati dan digunakan pengunjung untuk berswafoto. Latar belakang deck hati tersebut langsung menghadap ke curug sehingga sangat indah seperti mata air surga.

2. Tiga Air Terjun Berdampingan

Curug Jenggala memiliki 3 air terjun berdampingan yang letaknya tidak begitu jauh satu sama lain. Dari atas deck hati, semuanya terlihat begitu jelas memancar dari balik tebing bebatuan cokelat alami di kawasan Baturraden tersebut.

3. Tempat Bersih dengan Fasilitas Lengkap

Fasilitas di curug tersebut sangat bersih, nyaman dan lengkap yang disediakan untuk pengunjung, seperti warung makan, tempat ngopi, mushola, kamar mandi, gazebo, sampai camping ground.

Terdapat pula menu camilan yang banyak dijual di sini adalah tempe mendoan, makanan khas Purwokerto yang masih satu kawasan dengan Banyumas.

4. View Area Persawahan

Jalan masuk menuju wisata terbaru 2024 Curug Jenggala didominasi oleh view area persawahan terasering yang berbentuk seperti tangga. Dan area hutan di sisi seberangnya. Kemudian masuk area curug disambut dengan kawasan camping ground yang rapi dan terawat.

Untuk masuk ke wisata Curug Jenggala ini, kamu cukup membayar Rp10.000/orang. Buka mulai pukul 07.00 hingga sore menjelang maghrib. Karena tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, maka jika ingin suasana sepi pilihlah hari-hari low season alias saat tidak musim liburan sekolah atau kerja.

Itulah daya tarik dan spot menarik yang ada di wisata terbaru 2024 Curug Jenggala Banyumas, Jawa Tengah. Selamat mencoba. (*).

BACA JUGA : Cek Adrenalinmu Disini! Wisata Terbaru 2024, Sensasi Paralayang Di Spot Terbaik Indonesia. Mau coba?

Kategori :