Rancang Desa Bertema, Dinas Permades Tegal Ubah Sudut Pandang OPD dalam Perencanaan Pembangunan

Senin 26-02-2024,12:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI , DISWAYJOGJA - Upaya mengubah sudut pandang kepala OPD agar pada saat melakukan perencanaan pembangunan , k hususnya di desa dilakukan Pemkab Tegal melalui Dinas Permades. Kedepan , perencanaan pembangunan di desa tidak lagi dilakukan secara gebyah uyah tidak tertata dan tidak terfokus.

Kepala Dinas Permades Kabupaten Tegal Teguh Mulyadi menyatakan , atas arahan Pj b upati Tegal, desa akan diberi tema dan OPD fokus pada tema tersebut.

BACA JUGA:Bertemu Pengurus DKDKT, Kepala Dispermades Kabupaten Tegal Siap Gaungkan Desa Bangga Budaya

” Misalanya tadi , PJ b upati Tegal mengusulkan 10 tema, utamanya desa merdeka sampah. Tidak semua desa se banyak 281 harus merdeka sampah semuanya tahun ini. Kita keroyok 1 sampai 2 desa yang harus merdeka sampah," ujarnya.

Selanjutnya ada desa agraria yang menjadi pilot project bagi desa lain dalam teladan pengurusan pertanahan juga diupayakan 1 hingga 2 desa sebagai percontohan. Ada lagi desa online , dimana seluruh pelayanannya bersifat online juga diupayakan terwujud 1 hingga 2 desa percontohan.

BACA JUGA:Tegal Culture Summit 2023, Bupati Tegal Beri Pengharagaan, Usung Desa Bangga Budaya

“ Desa bangga budaya menunjuk 1 hingga 2 desa sebagai percontohan dan seterusnya, ” ungkapnya .

Untuk sumber anggaran nantinya tidak terpaku pada anggaran APBD II. Ada upaya keras untuk meminta bantuan ke Bapenas, Kementerian Lingkungan Hidup,  Kement e rian Agraria, Kement e rian Pendidikan dan seterusnya agar gambaran tersebut tercapai. Nantinya yang akan bekerja adalah tim gab u ngan OPD yang dikomandoi  Di n as Permades bersama tim ahli pendamping desa . (*)

Kategori :