Apa Aja Sih Spesifikasi,Fitur,Harga dan kelebihan dan kekurangan Dari Toyota Avanza 2022? Simak Ulasannya

Sabtu 06-01-2024,20:30 WIB
Reporter : M Hafizal Fikri
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Nama model mobil jutawan kategori LMPV rupanya masih belum bisa dilepas dari nama besar Toyota Avanza.

Setidaknya hingga pertengahan tahun ini, Avanza 2022 masih akan menjadi model MPV terlaris di pasaran. Selain itu, hadirnya banyak pembaruan penting pada tampilan, performa, dan fitur menjadikan mobil ini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memilih mobil keluarga.

Lantas berapa harga Toyota All New Avanza 2022 Juli 2022? Untuk update harga Avanza terbaru, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. Pada tahun 2003, Toyota Avanza diperkenalkan dan tetap populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Low MPV (multi-tujuan vehicle) ini memiliki tiga generasi. Generasi kedua Avanza diluncurkan pada tahun 2011 dan model ketiga menyusul tak lama kemudian. Saat pertama kali muncul, Toyota Avanza dibanderol dengan  harga mulai dari Rp 89,5 juta hingga Rp 99,5 juta.

Pada generasi kedua, Toyota Avanza meraup Rp 50 juta dengan harga terendah RMB 144 juta dan penjualan tertinggi dengan harga RBM hanya INR 154,3 juta. Begitu pula dengan Toyota yang memberikan konsumen kesempatan untuk memilih Avanza Veloz.

Dibanderol Rp 180,2 jutaan, AT dibanderol serupa dengan MT Avanza Veloz yang dibanderol INR 170,5 jutaan. Beberapa tahun setelah Toyota Avanza generasi kedua mulai dijual, pada tahun 2015 Toyota melakukan penyegaran atau upgrade yang diberi nama Grand New Avanza.

BACA JUGA : Tampilan Terbaru yang Kian Memikat Toyota Avanza Veloz X Urban

Konsumsi BBM Mobil Avanza

Di Indonesia, penghematan bahan bakar Toyota Avanza baru 2023 bervariasi dari 5,3 liter/100 km hingga 8,70 liter/1050 km, dan pengumuman pabrikan mengungkapkan bahwa Toyota 2022 hanya akan mengonsumsi 13 E CVT adalah 5,3 liter/100 km. 
 
Konsumsi bahan bakar Toyota Avanza 1. Sesuai keterangan pabrikan, Toyota Avanza 1S G CVT TSS 2022 mengindikasikan konsumsi bahan bakar 5,43 liter/100 km. 3 EM/T 2022 sebesar 7,94 liter/100 km, pabrikan mengumumkan. Konsumsi bahan bakar Toyota Avanza 1. Menurut pabrikannya, kendaraan ini menggunakan lebih sedikit bahan bakar. 5 G M/T 2022 adalah 8,70 liter/100 km kilometer.
 
Transmisi Tipe Bahan Bakar Pabrikan menyatakan Bensin (1329 cc)
 
CVT 5,3 L/100 km Bensin (1329 cc)
MT 7,94 L/100 km Bensin (1496 cc)
CVT 5,43 L/ 100 km 4,444 Bensin (1,496 cc)
CVT 8,70 L /100 km 4,444 Bensin (14,96 cc) )
MT 8,70 L/100km
 
Spesifikasi All New Toyota Avanza Terbaru
 
Berbeda dengan model sebelumnya karena adanya modifikasi signifikan yang dilakukan. Faktanya, sebagian besar pengamat mobil menganggap Avanza terbaru adalah generasi yang benar-benar baru dan berbeda.
 
Dimensi
 
Namun All New Avanza terbaru kini jauh lebih besar. Panjang keseluruhan adalah 4395mm, meningkat 205mm dibandingkan model sebelumnya, lebar bertambah 70mm menjadi 1730mm dan tinggi juga sedikit meningkat dari 5mm menjadi 1700mm (kecuali untuk 1.3 E MT yang justru berkurang 35mm menjadi 1.665mm). Wheelbase Avanza bertambah menjadi 2 karena panjang bodinya bertambah. 750 mm dari sebelumnya 2.655 mm. Sementara radius putar kini menjadi 4,9 meter dibandingkan sebelumnya 4,7 meter.
Kecuali 1 lubang, ground clearance meningkat 5mm menjadi 205mm. EMT berukuran 195mm (atau lebih kecil 5mm) dibandingkan varian sebelumnya.
 
Eksterior
 
Meski versi terbarunya lebih modern dan mewah, namun desain eksterior All New Avanza akan jauh berbeda dengan pendahulunya. Bahkan, berkat ubahan total di setiap detailnya, desain Avanza kekinian lebih mengedepankan temperamen SUV ketimbang low-slung MPV.
Dengan desain gril baru, lampu depan kemungkinan besar akan lebih sporty dan dinamis dibandingkan pendahulunya yang tampak lebih tajam.
 
Tampilan modern pada desain bemper dicapai melalui beberapa modifikasi yang juga meningkatkan efek aerodinamisnya. Lampu depan All New Toyota Avanza mungkin terlihat lebih kecil, namun bohlam berbasis LED-nya mampu menjaga kecerahan, efisiensi energi, dan waktu respons lebih cepat dibandingkan lampu lainnya.
 
Pada hakikatnya, desain fasad saat ini tidak hanya sekedar soal estetika, namun juga memastikan suatu hal dapat berfungsi dengan baik. Di bagian belakang, Toyota juga menghadirkan desain yang benar-benar baru. Cluster lampu LED belakang yang terintegrasi pada sistem pencahayaan memberikan kesan modern dan elegan. Bumper belakang juga mengalami ubahan agar tampilannya lebih ramping.
 
Interior

Seperti halnya sektor eksterior, desain interior New Avanza 2022 juga mengalami perombakan yang bisa dikatakan mengalami perombakan total. Begitu masuk, tata letak dasbor yang benar-benar baru akan muncul di depan mata Anda. Desainnya kali ini mungkin akan memberikan kesan lebih halus dan modern, serta tentunya tidak monoton seperti desain dashboard generasi sebelumnya.

Mirip dengan transformasi eksterior, desain baru juga menambahkan sentuhan fungsionalitas dan keindahan pada interior dan eksterior. Susunan tombol desain baru di tengah dashboard memudahkan pengemudi dan penumpang depan untuk mengaksesnya.
Di antara sekian banyak perubahan interior, salah satu desain baru yang menonjol adalah penataan tempat duduk.
 
Penyesuaian kursi penumpang ke mode sofa panjang dapat dilakukan pada baris kedua New Avanza 2022 dengan melepas sandaran kepala yang dapat disesuaikan. Dari segi keselamatan dan kenyamanan, Toyota terus menghadirkan yang maksimal karena seluruh kursi telah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 titik dan sandaran kepala yang dapat diatur ketinggian dan kedalamannya sesuai postur tubuh.
 
Sistem Penggerak
 
Kali ini ada hal baru yang menarik perhatian pada New Avanza 2022, yaitu sistem penggerak yang digunakan saat ini. Baik pada Avanza generasi pertama maupun kedua, sistem RWD digunakan untuk menggerakkan mobil, sedangkan pada generasi ketiga dilengkapi FWD. Juga dikenal sebagai sistem penggerak roda depan.

Sistem FWD kurang direkomendasikan dibandingkan sistem RWD sehingga menimbulkan banyak perhatian dan perdebatan di kalangan konsumen, terutama di perbukitan. Namun PT Toyota Astra Motor berusaha meyakinkan konsumen bahwa kesimpulan tersebut hanyalah "mitos". Menurut berbagai sumber media otomotif online, FWD menawarkan keunggulan dibandingkan berkendara konvensional.

Ada beberapa keuntungan memilih sistem FWD, antara lain efisiensinya yang lebih unggul dibandingkan RWD. Mobil FWD dibangun dengan struktur yang lebih sederhana, sehingga tidak diperlukan sambungan atau poros penggerak untuk mendistribusikan tenaga mesin ke roda belakang. Bahkan, tenaga yang dihasilkan mesin akan disalurkan lebih cepat dan instan ke kedua roda depan.

Pengurangan bobot kendaraan juga akan difasilitasi dengan pemanfaatan desain yang lebih sederhana. Berkat itu, performa mesin akan lebih maksimal dan efisien. Kendaraan yang menggunakan RWD atau penggerak roda belakang tentunya akan membutuhkan performa mesin yang lebih berat, karena poros penggerak harus menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang.
 
Mesin & Suspensi
 
Kali ini ada hal baru yang menarik perhatian pada New Avanza 2022, yaitu sistem penggerak yang digunakan saat ini. Baik pada Avanza generasi pertama maupun kedua, sistem RWD digunakan untuk menggerakkan mobil, sedangkan pada generasi ketiga dilengkapi FWD. Juga dikenal sebagai sistem penggerak roda depan.
 
Sistem FWD kurang direkomendasikan dibandingkan sistem RWD sehingga menimbulkan banyak perhatian dan perdebatan di kalangan konsumen, terutama di perbukitan. Namun PT Toyota Astra Motor berusaha meyakinkan konsumen bahwa kesimpulan tersebut hanyalah "mitos". Menurut berbagai sumber media otomotif online, FWD menawarkan keunggulan dibandingkan berkendara konvensional.
Ada beberapa keuntungan memilih sistem FWD, antara lain efisiensinya yang lebih unggul dibandingkan RWD.

Mobil FWD dibangun dengan struktur yang lebih sederhana, sehingga tidak diperlukan sambungan atau poros penggerak untuk mendistribusikan tenaga mesin ke roda belakang. Bahkan, tenaga yang dihasilkan mesin akan disalurkan lebih cepat dan instan ke kedua roda depan.
Pengurangan bobot kendaraan juga akan difasilitasi dengan pemanfaatan desain yang lebih sederhana.

Berkat itu, performa mesin akan lebih maksimal dan efisien. Kendaraan yang menggunakan RWD atau penggerak roda belakang tentunya akan membutuhkan performa mesin yang lebih berat, karena poros penggerak harus menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang.
 

 

Daftar Harga Mobil Avanza Terbaru

Kisaran harganya juga lebih tinggi dibandingkan versi pre-facelift, yakni varian termurah Rp 178,1 juta dan termahal Rp 211 juta. Selain penambahan fitur dan desain yang lebih modern, harga Toyota Avanza generasi ke-3 juga lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya, tepatnya  di kisaran harga Rp 206 jutaan hingga Rp 291 jutaan.

Untuk membeli Toyota Avanza 2022, Tunas Tahiti (Tunaz Toyota) perlu menganggarkan Rp 233 juta. Sedangkan dengan harga tertinggi, Toyota Avanza 2022 dibanderol Rp 295 juta. Harga bervariasi tergantung dealer di masing-masing kota.

Toyota Avanza 2022 sendiri ditawarkan dalam lima varian berbeda dari segi tipe transmisi dan kapasitas mesin.
Tarif tersebut berlaku untuk All New Avanza:

All New Avanza 1.3 E M/T:Rp233.100.000
All New Avanza 1.5 E M/T:Rp255.100.000
All New Avanza 1.3 E CVT:Rp247.800.000
All New Avanza 1.5 G CVT:Rp269.800.000
All New Avanza 1.5 G CVTTSS:Rp295.800.000

Ada dua kategori Toyota Avanza 2022: E dan G sesuai spesifikasi dan fiturnya. Fitur yang lebih lengkap terdapat pada Tipe G, menjadikannya pilihan yang lebih baik. Misalnya Tipe G  menggunakan  unit utama berukuran 9 inci. Sedangkan Tipe E tingginya hanya  7 inci.

Type G juga memiliki fitur keselamatan dan keamanan  yang lebih lengkap serta dilengkapi dengan  Toyota Safety Sense (TSS). Fitur-fitur TSS seperti Pre-Collision Warning dan Pre-Claim Braking, Forward Departure Warning, Pedal Misoperation Control, Lane Deparure Worrying and Lane Disparturing Prevention, Rear Pass Warning dengan Blind Spot Monitoring diintegrasikan ke dalam Toyota Avanza Dari segi performa, Toyota Avanza terbaru punya dua pilihan.

BACA JUGA : Perbandingan Toyota Avanza 2023 vs Daihatsu Xenia 2023: Mana yang Lebih Baik?

Yang pertama adalah mesin 2NR-VE, kapasitas 1.496 cc, 4 silinder segaris, DOHC 16 katup, dual VVT-i. Dengan output tenaga 106 tenaga kuda dan 105 Nm, mesin 1.300 cc tipe 1NR-VE menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari tenaga tambahan.

Kelebihan Toyota Avanza 2022

1.  Harga terjangkau
2.  Brand Image merek Toyota
3.  Perawatan paling murah
4.  Jaringan dealer dan Servis Luas
5.  Resale value tinggi
6.  Irit BBM
7.  Ada Fitur ADAS
8.  Kabin Luas
9.  Konfigurasi kursi sofa-mode
10. Pengendalian lebih baik dari seri sebelumnya
11. Fitur keselamatan yang memadai
12. Mesin lebih halus
13. Lebih nyaman dibanding Avanza RWD

Kekurangan Toyota Avanza 2022

1.  Interior cheaplook: plastik keras
2.  Untuk postur tubuh tinggi posisi duduk pengemudi kurang nyaman
3.  Posisi duduk penumpang belakang rendah
4.  Kursi kurang empuk
5.  Suspensi kalah empuk
6.  Kurang disarankan untuk dataran tinggi
7.  Tidak punya cruise kontrol
8.  Kalah nyaman dari kompetitor
9.  Kededapan kabin kalah dari kompetitor
10. Belum ada Electrik Parking Brake + Autohold

Kesimpulan

Desain ulang yang signifikan dan menyeluruh diterapkan pada All New Avanza kali ini. Tak hanya dari segi desain eksterior dan interior, namun juga dari segi fungsionalitas fitur-fitur yang terintegrasi, memang mampu menghadirkan kesan “baru” pada model mobil keluarga populer Tanah Air ini.

Mengubah ukuran jarak sumbu roda juga merupakan salah satu dari banyak manfaat lain yang didapat. Jarak sumbu roda saat ini sama besarnya dengan Toyota Kijang Innova Reborn, membuat kabin model mobil sejutaan versi terbaru ini semakin lega dan stabil.

Terlepas dari tantangan yang ada, sistem FWD saat ini cukup kuat untuk menangani medan yang paling menantang sekalipun. Selanjutnya dari segala ubahan yang terjadi, Toyota All New Avanza 2022 layak menjadi pilihan utama bagi Anda yang saat ini sedang mencari mobil keluarga yang aman, nyaman, lapang dan tentunya bergaya modern. Berkat semua pembaruan tersebut, harga Toyota All New Avanza 2022 pun mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Nah itu saja yang bisa saya sampaikan kepada Anda mengenai spesifikasi, fitur,harga,dan juga kelebihan dan kekurangan dari Toyota Avanza 2022 semoga apa yang kami jelaskan diatas sangat bermanfaat buat Anda terimaksih.(*)

Kategori :