Apa Saja Kelebihan Mobil Toyota Avanza 2017, Masih Layak Atau Tidak Spesifikasinya Dipakai 2024?

Kamis 04-01-2024,11:30 WIB
Reporter : M Hafizal Fikri
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pabrikan Toyota asal Jepang, memang terkenal dengan produknya Avanza 2017. Semakin banyaknya model baru yang ditawarkan, apakah spesifikasinya masih layak pakai di tahun 2024.

Branding produk Avanza, sudah hadir sejak Tahun 2003 yang hingga kini menjadi andalan Toyota. Bahkan, merk ikonik itu memang selalu berhasil menjadi model favorit pencinta otomotif di pasaran. Namun, masih banyak yang bingung dengan spesifikasi Toyota Avanza keluaran 2017. Bagaimana spesifikasinya dan masih layakkah dipakai untuk mobil keluarga Tahun 2024 sekarang?

Memiliki basis penggemar besar di Indonesia, pabrikan Toyota mendominasi pemilik mobil baik di perkotaan dan pedesaan. Tapi, sebenarnya apa saja keuntungan memiliki Toyota Avanza 2017 apakah speknya masih layak dipakai di tahun 2024?

Dari pada kita bingungayo simak pembahasan spesifikasi dari mobil Toyota Avanza 2017 di bawah ini.

Dari sisi eksterior, Toyota Avanza 2017 hadir lebih maskulin jika dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya. Hal tersebut, dapat dilihat dengan desain depan yang semakin modern terutama pada lampu utamanya. Itulah, yang menjadikan Aavanza sebagai andalan bagi semua orang selain hargannya masih terjangkau dengan spesifikasinya lumayan

BACA JUGA : Perbandingan Performa Antara Hyundai Stargazer VS Toyota Avanza, Mana yang Lebih Badak?

1. Tampilan depan Toyota Avanza

Segmen ringan ini menampilkan desain trapesium Toyota Avanza yang meruncing ke salah satu sisi bodi kendaraan. Tak hanya itu, desain bay pun terlihat lebih berani. Pasalnya Toyota menawarkan gril dengan desain lebar sekaligus menimbulkan kesan kokoh.

Pemilihan warna hitam sebagai highlight pada grilnya pun membuat mobil ini semakin gagah dan mewah jika dilihat secara kasat mata. Selain itu, aksen krom dan logo Toyota berukuran besar juga disematkan pada bagian atas gril. Tak lupa kehadiran lampu kabut di kedua sudut depan juga membuat mobil ini  semakin cantik.

2. Tampilan Samping Toyota Avanza

Pada bagian samping, Toyota Avanza 2017 menambahkan highlight berupa moulding baru yang memberikan  kesan mewah dan eksklusif. Secara tidak langsung, hadirnya dimensi molded pada bodinya menimbulkan kesan kurang berkesan pada varian baru Toyota ini.

3. Tampilan Belakang Toyota Avanza

Beralih ke bagian belakang, Toyota memperbarui tampilan Toyota Avanza dengan memasang lampu rem berdesain vertikal yang dilengkapi Lens Garnish. Sorotan penghalusan baru juga diperkenalkan untuk menghadirkan kesegaran visual pada varian baru ini. Selain itu, sisi ini juga dipercantik dengan hadirnya spoiler belakang beserta palang lampu rem tersembunyi di bagian belakang.

BACA JUGA : Tampilan Terbaru yang Kian Memikat Toyota Avanza Veloz X Urban

Interior Toyota Avanza 2017

Kini kita bisa mendalami desain interior ToyotaAvanza Sejak diluncurkan, Toyota Avanza yang mampu menampung hingga 7 penumpang ini terkenal memiliki interior yang cukup lega. Begitu pula dengan varian baru ini yang tetap mengutamakan kenyamanan dan ruang yang cukup  untuk memberikan mobilitas yang maksimal. Penumpang kini dapat mengatur tempat duduknyadengan lebih mudah dengan sistem pembersihan Avanza Selain untuk mengatur tempat duduk, fitur ini juga berguna untuk memaksimalkan bagasi dengan volume yang  cukup besar. Toyota Avanza 2017 apakah masih layak pakai di tahun 2024?

1. Dashboard

Interior MVP ini tidak hanya lapang namun juga mewah. Dashboard Toyota Avanza menampilkan desain kekinian dengan dua bercak terang di bagian atas dan bercak gelap di bagian bawah. Selain skema warna, dashboardnya dilengkapi layar LCD MID yang dirancang untuk hiburan santai selama perjalanan. Seluruh kabin dapat didinginkan melalui AC yang terletak di bawah dashboard.

2. Kemudi

Di bagian samping kemudi, Toyota Avanza juga memiliki speedometer  tiga lingkaran yang  memberikan informasi terkini mengenai kendaraannya.

BACA JUGA : Perbandingan Toyota Avanza 2023 vs Daihatsu Xenia 2023: Mana yang Lebih Baik?

3. Fitur Hiburan Didalam Kabin Mobil

Selain memberikan peningkatan kenyamanan berkendara, Toyota Avanza 2017 juga memperkenalkan beberapa fitur hiburan baru yang diharapkan dapat ditingkatkan oleh perusahaan. Untuk memastikan pengalaman audio yang jernih dan menyenangkan saat mendengarkan musik, Toyota telah memperkenalkan sistem suara khusus pada MVP, yang dirancang untuk musisi profesional.

Selain isolasi suara, kabin juga dilengkapi fitur Cabin Quitness untuk membantu mengurangi kebisingan luar. Selain itu, Cabin Quietness berfungsi memaksimalkan resonansi suara yang dihasilkan oleh speaker internal mobil.

4. Keamanan

Selain itu, Toyota juga membekali model barunya ini dengan berbagai fitur keselamatan lengkap seperti sabuk pengaman 3 titik di jok tengah untuk membantu meminimalisir cedera jika kendaraan bertabrakan secara langsung. Selain itu, bagian  depan New Toyota Avanza juga dilengkapi dengan dual SRS airbag untuk mencegah kepala pengemudi dan penumpang depan bertabrakan jika terjadi kecelakaan.

Terakhir, fungsi utama immobilizer ditonjolkan bersamaan dengan standar keselamatan ISOFIX, yang merupakan standar internasional untuk memasang kursi anak. Meski hanya pada level minimal, fitur keselamatan yang terintegrasi pada Toyota Avanza 2017 sebenarnya sudah diukur dan diuji oleh tim ahli untuk menjamin keselamatan penumpang saat berkendara.

BACA JUGA : Ini Dia Calon Pembunuh Avanza-Xenia, Hyundai Stargazer: Fitur Safety Lengkap di Kelasnya dengan Harga Bersaing

Operasi Mobil Avanza 2017

Beralih ke sistem operasi, Toyota Avanza 2017 menawarkan dua pilihan mesin yakni 1.3L dan 1.5L. Meski memiliki kapasitas kubik berbeda, namun secara keseluruhan mesin ini memiliki basis yang sama. Mesin yang diusung Toyota adalah 4 silinder DOHC 16 katup dengan teknologi VVT-i. Pada kecepatan 6 putaran mesin, mesin ini mampu menghasilkan 95,5 tenaga kuda 6.000 rpm.

Banyak yang yang masih jadi pertannyaan mengenai mobil Avanza 2017, Apakah Masih Layak Pakai Di Tahun 2024? nah mesin Toyota Avanza ini juga mampu mencapai torsi maksimal hingga 2,3 Nm pada 4. 200 rpm. Sselain itu keberadaan teknologi VVT-i disebut mampu meredam pembakaran mesin meski kendaraan berjalan dalam kondisi maksimal. Selanjutnya mesin MVP ini akan digerakan oleh dua jenis transmisi, yakni transmisi otomatis empat percepatan. pembahasan di atas bisa menjadi jawaban mengenai spek mobil Aavanza masih lyak atau tidak di jalanan di tahun 2024.

Spesifikasi Mobil Toyota Avanza 2017

1. Mesin Toyota Avanza 2017

Tipe IL, 4 silinder, 16 katup, DOHC, dual VVT-i Kapasitas silinder 1329 cc Tenaga maksimum 95,5 tenaga kuda/6000 rpm 4 444 Maksimum torsi 4 444 12.3/ 4200 rpm Sistem pemasukan bahan bakar EFI Jenis bahan bakar Bensin Kapasitas tangki 4 444 444 4 45L

2. Kerangka Mobil Toyota Avanza 2017

Dibagian Transmisi 4-percepatan A/T (M/T tersedia untuk G/E) Suspensi  Macpheron strut dengan pegas koil Suspensi belakang Side bar 4 dihubungkan dengan pegas koil 4 444 44 44 Rem depan Disc Rem belakang Drum Mekanisme kemudi Gear, electronic power assist dan tilt steering Ukuran ban 44 44 185 /70 R 14

Demikian sederet pesifikasi Dari Mobil Avanza 2017, Apakah Masih Layak Pakai Di Tahun 2024. Semoga informasi tersebut menambah referensi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca terima kasih.(*)









Kategori :