Tips untuk Melakukan Gaya Hidup Hemat dan Tanpa Beban, Supaya Tidak Boros Keuangan Anda

Sabtu 16-12-2023,00:38 WIB
Reporter : M. Lutfi
Editor : M. Lutfi

DISWAY JOGJA - Belakangan ini, sebagian masyarakat aktif mencoba mengadopsi cara hidup baru yang dikenal masyarakatnya sebagai gaya hidup hemat. Dalam gaya perilaku yang lebih sederhana, ada yang menggunakannya untuk menabung, mis. "kecerobohan" dalam hal konsumsi.

Tapi apakah hidup hemat itu?  Gaya hidup atau pola perilaku hemat dikaitkan dengan pandangan lain seperti minimalis, pensiun dini, ekonomi rumah tangga, dan hidup bebas hutang. Hidup hemat dengan cara ini, seseorang ingin membatasi jumlah pengeluaran yang digunakan untuk  tujuan tertentu.

Selain itu, hidup hemat bertujuan untuk meningkatkan  keuangan pribadi dan mengurangi stres. Secara umum, gaya hidup modern ini bercirikan berhemat dan bijaksana dalam finansial. Nah, sobat yang sedang bergelut dengan pengeluaran berlebihan atau ingin beradaptasi dengan gaya hidup hemat, cobalah tahapan hidup hemat.

BACA JUGA:Terapkan 5 Tips Memulai Hidup Hemat, Gaya Hidup Hemat yang Mulai Banyak Diminati oleh Beberapa Orang

Berikut  beberapa langkah yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari

1. Buat rencana keuangan 

Dengan perencanaan keuangan, Anda bisa mengatur pengeluaran dan mengetahui  kebutuhan mana yang harus diprioritaskan. Praktisnya, pemasukan dan pengeluaran bisa diatur secara detail, misalnya setiap bulan menggunakan aplikasi atau  spreadsheet Google. Gunakan catatan ini untuk memperkirakan pendapatan dan pengeluaran Anda untuk beberapa bulan mendatang.

BACA JUGA:Kelola Keuangan Anda dengan Bijak Sebelum Terlambat! Pahami Perbedaan Utang Konsumtif dan Utang Produktif

2. Belanja cerdas 

Tahukah Anda, beberapa toko atau toko online bisa membantu Anda mewujudkan gaya hidup hemat dari waktu ke waktu! Cobalah untuk memanfaatkan diskon, penawaran, atau kupon yang ditawarkan pada beberapa produk pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.

Anda juga bisa membeli barang bekas yang masih bisa digunakan atau ditukarkan dengan orang lain. Pembeli yang cerdas juga harus waspada, menghindari pembelian yang tidak perlu atau impulsif. 

3. Gunakan layanan publik atau gratis 

Isi waktu Anda dan aktiflah dengan mencoba lebih sering menggunakan transportasi umum, bersepeda atau berjalan kaki. Anda juga bisa memanfaatkan ruang publik seperti perpustakaan, taman atau museum untuk menghiasi waktu luang Anda. Itu bisa menjauhkanmu dari pembelian yang tidak diperlukan, lho! 

Soalnya, jalan-jalan keliling mall di akhir pekan bisa bikin pengen beli banyak. Atau Anda juga dapat mengakses hiburan gratis di Internet, seperti  podcast, streaming video online, dan e-book. 

BACA JUGA:10 Tips Cara Nabung Cepat: Tips dan Strategi untuk Mencapai Tujuan Keuangan Kamu!

Kategori :