1.287 Mustahik Terima Bantuan Baznas Kota Tegal

Rabu 11-10-2023,11:29 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : M Sekhun

TEGAL, DISWAY JOGJA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal menyalurkan bantuan untuk 1.287 orang  atau Mustahik dengan katagori Ashnaf Sabilillah dan Fakir atau Miskin. Bantuan tersebut merupakan Pentashorufan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) dengan tema "Berkah Berzakat".

Penyerahan bantuan dilakukan Sekda Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono didampingi Ketua Baznas Kota Tegal Harun Abdi Manaf   di Pendapa Pemkot Tegal Jalan Ki Gede Sebayu Kel. Mangkukusuman Kecamatan Tegal Timur, Selasa 10 Oktober 2023.

Ketua BAZNAS Kota Tegal Harun Abdi Manaf mengatakan kegiatan itu merupakan Pentashorufan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) BAZNAS kota Tegal untuk Ashnaf Sabilillah dan Fakir Miskin.

BACA JUGA:8 Rekomendasi AC Portable Terbaik untuk Rumah dan Kantor Serta Keunggulannya

Jumlah Dana yang ditashorufkan dari Infak dan Sedekah   sebesar Rp. 317.168.000. Dana tersebut merupakan Zakat, Infak dan Sedekah yang dihimpun dari ASN, Karyawan BUMD dilingkungan Pemerintah Kota Tegal, ASN Kemenag, ASN Instansi Vertikal serta dari Masyarakat.

Sedangkan jumlah penerima manfaat sebanyak 1.287 orang   atau Mustahik dengan katagori Ashnaf Sabilillah dan Fakir atau Miskin.

"Namun karena banyaknya jumlah penerima manfaat, maka penyerahannya dilakukan di Sembilan tempat yaitu di Pendopo Ki Gede Sebayu 150 orang dan selanjutnya diserahkan di empat Kecamatan dan empat Kelurahan agar lebih dekat dengan domisili mustahik," katanya.

BACA JUGA:Dingin Merata ke Berbagai Sudut: Inilah MIDEA MPHA-05CRN7, AC Portable untuk Ruangan Besar

Bantuan Zakat Infak Dan Sodakoh Dari Baznas Kota Tegal Berupa Bantuan Kaki Palsu, Kursi Roda, Sepeda, Pelunasan Hutang Biaya Sekolah, Hutang Biaya Rumah Sakit, Modal Usaha Z Chiken Kepada PKK, Masyarakat Umum Dan Eks Napiter, Tambahan Modal Usaha Kepada Orang Tua Dengan Anak Stunting, Asuransi Untuk Marbot Masjid atau mushola, Serta Beasiswa Untuk Yatim Dhuafa SD dan SMP di Kota Tegal.

Sambutan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono yang dibacakan Sekda Kota Tegal drg. Dwi Agus Sulistyantono menyampaikan pentasyorufan Dana Zis Kepada   Mustahik diharapkan dapat dimanfaatkan Sebaik-baiknya Dan Dapat Membantu Dalam Kehidupan Sehari-hari Para Penerima Bantuan.

BACA JUGA:4 Cara agar AC Portable Gak Boros Listrik, Simak baik-baik!

BACA JUGA:Mau Beli Tapi Bingung? Inilah 5 Tips Sebelum Membeli AC Portable, Nomor 3 Banyak Diremehkan

Bantuan tersebut sebagai Bentuk Apresiasi Baznas Kepada Guru Non ASN y ang Telah Mengabdikan Dirinya Kepada Maayarakat Dan Negara, Perlu Diketahui Bahwa Baznas Merupakan Penggumpul Zakat, Infaq Dan Shodakoh d i Likungan Pemerintah Kota Tegal.

"Kami dan juga para ASN di Pemkot Tegal telah memberikan Zakat Penghasilan Gaji Sebesar 2,5 persen disalurkan yang dikelola Baznas Kota Tegal. Dan saat ini sebagai wujud pertanggung jawaban disalurkan kepada para mustahik," katanya. ( * )

Kategori :