13 Cara Membuat Website Mudah Ditemukan di Google, Pemula Wajib Tau!

Minggu 17-09-2023,21:50 WIB
Reporter : Reza Maulana Basar
Editor : Reza Maulana Basar

DISWAY JOGJA – Menggoda mesin pencari, terutama Google, adalah seperti menari di atas tali tipis di dunia maya. Kita semua tahu, ketika seseorang mencari informasi, halaman pertama hasil pencarian adalah tempat yang selalu dipilih. Cara website muncul di google memang tidak semudah membalik telapak tangan kita perlu usaha yang ekstra dan luar biasa untuk mendapatkannya.

Bagi para pembuat website, penulis artikel, dan pebisnis online, mendapatkan peringkat pertama di Google adalah puncak kejayaan. Mengapa? Karena semakin banyak pengunjung yang datang, semakin besar peluang website Anda untuk menjadi terkenal dan menggaet konsumen potensial.

Di artikel ini kami akan membahasa cara website muncul di google atau page one di google supaya kamu bisa jadi website pilihan. Tapi, jangan pikirkan bahwa mendapatkan peringkat pertama di Google adalah tugas yang mudah. Diperlukan pengetahuan dan pemahaman tentang beberapa cara penting yang akan kami bagikan di sini:

BACA JUGA:Apa Itu Google Trends? Ini Dia 5 Langkah Menggunakan Google Trends Untuk Meningkatkan SEO

Berikut 13 Cara Website Muncul di Google

1. Kecepatan Website yang Memukau

Kecepatan adalah segalanya. Kecepatan loading website adalah salah satu faktor penentu peringkat di Google. Tingkatkan kecepatan loading situs web Anda untuk bersinar di halaman pertama hasil pencarian. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan website. Pastikan file pendukung situs web, seperti HTML, JavaScript, dan CSS, tidak memperlambat loading. Untuk pengguna WordPress, gunakan plugin seperti Autoptimize dan Fast Velocity Minify untuk kemudahan. Selain itu, kompres ukuran file gambar yang digunakan di situs Anda.

2. Pastikan Website Anda Ramah Mobile

Aktivitas browsing melalui perangkat mobile semakin meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, pastikan website Anda siap melayani pengunjung yang menggunakan smartphone dan tablet. Google juga mempertimbangkan kecepatan loading pada perangkat mobile sebagai faktor peringkat. Untungnya, platform seperti WordPress mempermudah pengoptimalan tampilan mobile.

BACA JUGA:Cara Pasang Iklan di Google Ads, Dijamin Bisnismu Makin Melejit!

3. Buat Sitemap yang Menarik

Sitemap adalah daftar semua halaman di website Anda, berisi informasi penting tentang revisi, jumlah revisi, dan jenis konten. Ada dua jenis sitemap, HTML dan XML. Sitemap HTML adalah untuk pengunjung, sedangkan sitemap XML untuk mesin pencari. Ini membantu Google untuk menjelajahi halaman-halaman Anda dengan mudah.

4. SSL Certificate, Kunci Keamanan dan Peringkat

SSL Certificate mengenkripsi transfer data di website Anda dan adalah salah satu indikator peringkat Google. Pastikan website Anda memiliki SSL Certificate untuk mendapatkan kepercayaan dari Google dan pengunjung.

BACA JUGA:Gak Nyangka! 3 Rahasia Super Canggih Kamera Google Translate yang Jarang Diketahui!

Kategori :