Daun Sirih Populer Dengan Segudang Manfaat. Mari! Simak 9 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Kamis 31-08-2023,21:00 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

Tingginya kandungan antioksidan pada daun sirih bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Antioksidan diketahui bermanfaat mengurangi stres yang memicu ketidakseimbangan hormon insulin dan penyebab kerusakan sel-sel pada tubuh.

Perlu diketahui! Meskipun begitu, daun sirih tidak dapat menggantikan peran pengobatan utama diabetes.

6. Menurunkan Kolesterol

Daun sirih mampu mengurangi jumlah lemak total dalam darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, lemak jahat dan trigliserida.

Dimana kolesterol dan trigliserida berpotensi meningakatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

7. Obat Alternatif Radang Prostat

Daun sirih, khususnya jenis sirih merah diketahui dapat mengobati masalah peradangan prostat. Diyakini dapat memperbaiki sel-sel pada kelenjar prostat, sehingga bisa berfungsi kembali normal.

Meski begitu, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun sirih sebagai pengobatan alternatif untuk radang prostat.

8. Mengobati Jerawat

Manfaat daun sirih untuk mengatasi jerawat diperoleh dari kandungan antioksidan chavicol yang terdapat di dalam daun sirih. Kandungan tersebut memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengobati jerawat dan gatal-gatal di wajah.

Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan daun sirih untuk wajah. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih secara optimal, Anda perlu memperhatikan cara pengolahan serta takaran yang tepat. Tanaman herbal ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping jika penggunaannya tidak tepat atau berlebihan.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun sirih memiliki kandungan saponin, tanin, dan polifenol. Saponin bertugas sebagai antioksidan yang mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan tanin didalamnya juga dapat memproduksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit sehingga luka bisa tertutup lebih cepat. Sementara itu, polifenol berpotensi menjadi antiseptik untuk melindungi luka dari infeksi kuman.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan. Daun sirih merupakan daun yang sangat populer dan mudah didapatkan.

Kategori :