Daun Sirih Populer Dengan Segudang Manfaat. Mari! Simak 9 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Kamis 31-08-2023,21:00 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

Daun sirih berdampak pada kesehatan tubuh secara global, mulai dari gigi dan mulut, pencernaan, organ intim bahkan jantung. Mari simak masing-masing penjelasannya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Manfaat daun sirih bagi kaum wanita salah satunya adalah menjaga kesehatan organ kewanitaan. Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal di kemaluan yang umumnya dipicu oleh Bacterial vaginosis.

Akan tetapi, penggunaannya tidak disarankan dalam jangka panjang karena berpotensi memicu perubahan pH pada area kewanitaan.

2. Mereda Nyeri Haid

Manfaat daun sirih bagi wanita berikutnya adalah membantu mereda nyeri haid. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan senyawa antioksidan yang bersifat antiradang.

BACA JUGA:Ingin Tubuh Sehat dan Segar? Simak 8 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Ini!

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda dapat merebus daun sirih bersamaan dengan kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung kurkumin yang juga bersifat antiradang.

3. Melancarkan Pencernaan

Tumbuhan herbal ini dapat meningkatkan produksi lendir usus dan lambung sehingga membantu mencegah luka pada dinding usus dan lambung. sehingga dapat membanti melancarkan pencernaan.

Manfaat daun sirih untuk pencernaan lainnya yaitu melindungi usus dari racun yang berbahaya. Daun sirih juga mampu menetralkan kembali pH lambung sehingga gejala penyakit maag, asam lambung naik, atau perut kembung dapat mereda.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengunyah daun sirih dan biji pinang diketahui bermanfaat untuk memicu produksi air liur dalam mulut. Yang mana, salah satu fungsi air liur adalah menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi karena mengandung beragam protein dan mineral baik.

Anda juga bisa memperoleh manfaat air rebusan daun sirih dengan menggunakannya sebagai obat berkumur. Berkumur dengan air rebusan daun sirih berpotensi menghambat bakteri mulut serta zat asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Manfaat Daun Sirih Cina, Salah Satunya Dapat Mengatasi Jerawat

5. Menurunkan Gula Darah

Kategori :