Ini dia Cara Mewujudkan Kemerdekaan Finansial yang Kokoh Supaya Keuanganmu Tidak Boros!

Sabtu 26-08-2023,05:30 WIB
Reporter : M. Lutfi
Editor : M. Lutfi

DISWAY JOGJA - Kemandirian finansial adalah impian banyak orang di seluruh dunia. Hal ini mengacu pada situasi di mana seseorang memiliki sumber keuangan yang cukup untuk hidup tanpa bergantung pada gaji bulanan atau pendapatan aktif lainnya. 

Langkah konkrit yang bisa Anda ambil untuk mencapai kemandirian finansial sekaligus membangun masa depan yang terjamin

BACA JUGA:Kelola Keuangan Anda dengan Bijak Sebelum Terlambat! Pahami Perbedaan Utang Konsumtif dan Utang Produktif

1. Buat anggaran dimulai dengan rencana keuangan yang menyeluruh 

Buat anggaran yang mencakup semua pendapatan dan pengeluaran Anda. Ini akan membantu Anda melihat ke mana  uang Anda dibelanjakan dan mengidentifikasi area di mana Anda dapat menghemat uang. Keadaan darurat keuangan: Selalu punya cukup uang untuk situasi tak terduga seperti tagihan medis atau pengangguran. 

2. Melunasi hutang, menghindari hutang baru, dan memprioritaskan hutang yang besar

Jika Anda mempunyai hutang, lunasi  hutang yang berbunga tinggi terlebih dahulu. Melunasi hutang Anda akan mengurangi beban keuangan Anda. Hindari hutang konsumen: Hindari mengambil hutang untuk kebutuhan konsumen seperti liburan atau barang mewah. Cari tahu apakah pembelian itu benar-benar diperlukan. 

3. Berinvestasi di masa depan/berinvestasi untuk jangka panjang 

Investasikan uang Anda pada instrumen investasi jangka panjang seperti saham, obligasi, atau dana indeks. Ini membantu menghasilkan pendapatan pasif dari pertumbuhan investasi. Identifikasi risiko dan pahami berbagai jenis investasi dan risiko terkait. Diversifikasi portofolio Anda untuk mengurangi risiko. 

BACA JUGA:Wajib Tau, Waspadai pinjaman online ilegal! Hindari Bahaya dan Amankan Keuangan Anda

4. Tingkatkan penghasilan dan tingkatkan keterampilan Anda 

Pelajari keterampilan baru yang akan membantu Anda menambah nilai pada pekerjaan Anda atau  memulai pekerjaan sampingan. Carilah peluang dan cara tambahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, seperti wirausaha, penjualan online, dan investasi real estat.  

5. Membangun portofolio investasi yang terdiversifikasi seperti saham 

Investasikan pada saham perusahaan yang sangat sukses dan berpotensi untuk berkembang. Ingatlah bahwa Anda berinvestasi pada obligasi pemerintah atau korporasi dengan suku bunga tetap. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk berinvestasi di real estat yang memberikan pendapatan sewa dan keuntungan modal. 

6. Tinjau kebiasaan gaya hidup dan pengeluaran dasar Anda 

Kategori :