Fakta Unik! 5 Kandungan Temu Ireng Yang Bisa Memperkuat Daya Tahan Tubuh Anda

Senin 21-08-2023,03:00 WIB
Reporter : Bayu Trijaya Poetra Pratama
Editor : Bayu Trijaya Poetra Pratama

 

DISWAY JOGJA- Banyak dari kita pasti tidak asing dengan temu ireng ini. kita tahu bahwa temu ireng memiliki berbbagai manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh anda. berbagai manfaat temu ireng dapat anda rasakan. pemanfaatan temu ireng sebagai obat tradisional bukan sekedar jadi rahasia lagi. karena temu itreng memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh untuk memberikan daya tahan tubuh yang baik untuk anda.

Temu ireng adalah jamu yang banyak ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Kandung flanoid dalam temu ireng berfungsi untuk antioksidan yang sangat baik untuk tubuh anda.

Berikut ini adalah manfaat dari temu ireng yang baik untuk tubuh anda.

 BACA JUGA:Simak! 7 Manfaat Kelapa Wulung Bagi Kesehatan Anda!

1. Berfungsi Untuk Melawan Bakteri Dalam Tubuh

Temu ireng adalah tanaman yang pada umumnya dimanfaat untuk obaat herbal yang baik untuk tubuh. berbagai senyawa bioaktif temu ireng sangat berguna untuk menmambah nutrisi dalam tubuh anda. ekstraksi fenolik optimum dari rimpang temu ireng yang berpengaruh terhadap kandungan total flavonoid, dan menemukan adanya aktivitas antibakteri untuk bakteri staphylococcus aureus dan escherichia coli.

Karena kandungan flavonoid ini, manfaat temu ireng untuk melawan bakteri dapat dirasakan. Itulah manfaat pertama temu ireng bagi tubuh yang pertama.

2. Temu Ireng Bermanfaat Untuk Merawat Luka Anda.

Luka pada dasarbya dapat menyebabkan kerusakaan yaang serius pada kulit, jaringan otot, bahkan sampai tulang. beberapa luka juga bisa menjadi berbahaya jika tidak ditindaklankuti dengan benar. Luka terdiri dari beberapa kategori yaitu luka abrasi (lecet), luka laserasi (luka robek), luka kontusio (luka memar), dan luka tusuk.Temu ireng memiliki senyawa yang dapat mengobati dan melawan bakteri penyebab luka tersebut sehingga bisa kering secara cepat.

3. Dapat Menambah Nafsu Makan Anda

Yups beberapa dari kita pasti mengetahui bahwa hampi semua rimpang memiliki khasiat yang sama yaitu bisa menjadi obat herbal untuk memberikan nafsu makan. Temu orange dapat diberikan untuk anak-anak yang mengalami masalah sulit makan, terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan.

 BACA JUGA:Baca! 5 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh Anda.

Khasiatnya juga dipercaya dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan sehingga membuat nafsu makan anak meningkat. Kandungaan Kurkumin dalam temu ireng sangat berguna sebagai obat yang memiliki peran penting untuk kesehatan pencernaan bagi anak-anak.

 

4. Mengobati Cacingan

Temu Ireng juga memiliki fungsi untuk mengobati cacingan pada anak. anak-anak yang sering bermaain dan proaktif di berbagai tempat dapat mengakibatkan cacingan. telur atau larva cacing bisa hidup di permukaan tanah yang bisa saja menginfeksi anak pada saat melakukan aktivitas di luar ruangan.Oleh karena itu, tanaman ini sangat berfungsi untuk mengatasi masalah cacingan yang mungkin saja menginfeksi keluarga.

 

5. Sebagai Sumber Antioksidan yang besar

Banyak dari kita yang tau bahwa antioksidan sanat bermaanfaat untuk menangkal berbagai senyawa yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh anda. Radikal bebas dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskular dan juga kanker yang bisa berkembang dalam tubuh anda. Pada dasarnya tubuh kita memiliki antioksidan. akan tetapi, antioksidan tambahan bisa kita cari dari sumber makanan yang bisa kita dapatkan. Berbagai makanan yang mengandung senyawa flavonoid dan juga fenolik seperti yang terkandung dalam rimpang temu ireng.

Oleh karena itu, khasiat temu ireng juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.Nah hal ini yang wajib anda ketahui tentang temu ireng.

 BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Ini 6 Trik Memilih Kamera Second yang Wajib Kamu Tau, di Jamin Gak Bakal Nyesal!

Itulah 5 manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh anda. wajib untuk anda ketahui dan bisa sebagai referensi obat herbal anda.***

 

 

 

 

Kategori :