Warga dan Pedagang Telur Asin Gelar Demo, DPRD DKI Batalkan Kunker ke Brebes

Senin 14-08-2023,15:32 WIB
Reporter : Ismail F
Editor : Ismail F

BREBES, DISWAY JOGJA- Rencana DPRD DKI Jakarta untuk mengadakan kunjungan kerja ke DPRD Brebes ternyata dibatalkan. Padahal, warga dan sejumlah pedagang telur asin sudah bersiap menghadang mereka di Kabupaten Brebes, Senin (14/08/23).

Mereka tetap menggelar unjuk rasa dengan mendatangi Gedung DPRD Brebes mengecam keras pernyataan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, yang mengucap bahwa "Daripada kunker (kunjungan kerja) ke Brebes, Tegal beli telur asin, kentutnya bau, mending kunker ke luar negeri".

BACA JUGA:Singgung Telur Asin Bikin Kentut Bau, Warga Brebes Polisikan Ketua DPRD DKI Jakarta

Selain menggelar orasi di depan gedung dewan, mereka membawa telur asin untuk dibagikan kepada para wakil rakyat di DPRD Brebes.

Kedatangan pendemo diterima pimpinan DPRD Brebes, Teguh Wahid Turmudi dan Wurja. Pendemo meminta kepada DPRD Brebes, untuk mengirimkan telur asin yang dibawa,  diberikan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Salah satu pedagang telur asin asal Kelurahan Limbangan Wetan, Hadi (52) mengatakan, bahwa demo digelar karena sakit hati dengan ucapan seorang Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, yang dinilai melecehkan masyarakat Brebes, khususnya perajin dan pedagang telur asin.

BACA JUGA:Soal Pernyataan Kentut Bau Telur Asin, KPMDB Jakarta Tuntut Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Minta Maaf

"Jujur tidak pantas ucapan seperti itu dilakukan seorang pejabat, apalagi seorang ketua dewan. Ini menyakitkan bagi kami, dan menuntut permintaan maafnya kepada kami masyarakat Brebes, khususnya pedagang dan perajin telur asin," kata Hadi.

DPRD DKI Batal Kunker ke Brebes

Sementara Ketua Komisi I DPRD Brebes Heri Fitriansyah menegaskan, bahwa rencana kunjungan Komisi A DPRD DKI Jakarta ke gedung DPRD Brebes, Senin (14/08/23) siang, pukul 01.00 WIB, dibatalkan. 

Pembatalan ini setelah DPRD Brebes mendapatkan surat pembatalan hari ini , dari sekretariat DPRD DKI Jakarta,  yang menyatakan pembatalan dilakukan, karena terdapat satu dan lain hal.

"Kami sebenarnya sudah siap menerima kunjungan. Namun,  DPRD DKI Jakarta mengirim surat pembatalan kunjungan kerja," pungkasnya.

BACA JUGA:Anggota DPRD Bantul Ini Lakukan Penipuan Seleksi CPNS, Gurunya Saat SD Ikut Jadi Korban

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi telah meminta permohonan agar anggotanya diterima saat kunjungan kerja Senin 14 Agustus 2023 hari ini. Dalam surat itu disebutkan jika Anggota DPRD DKI akan studi banding tentang tata kelola dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Brebes. 

Namun, sebelumnya Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi justru membuat kontroversi yang memicu ketersinggungan warga Kabupaten Brebes dengan ucapan bernada hinaan terhadap produk unggulan Brebes telor asin.

Kategori :