Menelisik Keberadaan Entitas Penjaga Nusakambangan, Nomor 3 Paling Menyeramkan!

Minggu 13-08-2023,23:00 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Penta Daniel Pratama

DISWAY JOGJA - Pulau Nusakambangan adalah pulau yang dikenal terutama dalam hal keamanan, karena di wilayah ini terdapat sebuah penjara dengan keamanan tingkat tinggi dan super ketat.

Letaknya yang jauh dari pemukiman dan hiruk pikuk warga membuat Lapas ini sangat strategis. Selain itu, flora dan fauna di sana masih sangat beragam.

Kriminal yang ditahan di sana juga bukan seorang kriminal kelas teri, melainkan mereka yang sudah berkali-kali masuk penjara dengan kasus kriminal luar biasa gila.

Selain sebagai penjara, Nusakambangan juga terkenal sebagai media eksekusi para tahanan hukuman mati, jadi tak heran jika di wilayah ini juga terkenal akan mistisnya.

Sejalan dengan cerita tersebut, banyak mitos soal makhluk misterius penjaga wilayah ini. Penasaran apa saja? simak ulasannya dibawah ini :

1. Kijang Emas

Salah seorang penjaga yang juga pemburu di Pulau Nusakambangan, pernah bertemu sosok kijang di dalam kegelapan. Tapi anehnya, kijang yang ditemui nampak berbeda dengan kijang pada umumnya. Kijang itu berwarna emas dengan tanda putih di sebelah kirinya.

Ketika pemburu tersebut mencoba untuk menembak bahkan sampai berkali- kali, kijang tersebut tidak jatuh dan sama sekali tidak ada luka di badannya. Sontak hal ini membuat si pemburu merinding.

Berdasarkan kesaksian pemburu itu, kijang emas selalu berpindah-pindah lokasi di area Pulau Nusakambangan. Spot favorit dimana kijang emas itu sering menampakkan diri adalah di tempat eksekusi terpidana mati sekitaran pulau.

2. Akar Mimang

Akar Mimang menjadi satu dari sekian bagian  mitos orang Jawa, masyarakat tradisional Jawa percaya bahwa orang yang melangkahi Akar Mimang akan mudah linglung dan tersesat di jalan.

Pasalnya berdasarkan mitos yang berkembang, pohon itu memang ditunggu oleh makhluk yang tidak diketahui wujudnya.

Di Pulau Nusakambangan pun, mitos tentang Akar Mimang adalah hal yang dipercayai oleh para sipir di Nusakambangan. Sehingga orang-orang disekitar Nusakambangan, menghindari pohon Mimang tersebut.

Kategori :