8 Obat Alami yang Dapat Anda Gunakan Untuk Mengatasi Asam Lambung

Minggu 06-08-2023,14:25 WIB
Reporter : Annas Rifki
Editor : Annas Rifki

DISWAY JOGJA -  Asam lambung atau yang dikenal sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi di mana asam lambung mengalir balik ke kerongkongan, sehingga menimbulkan berbagai keluhan seperti rasa panas di dada, nyeri ulu hati, hingga suara serak akibat iritasi pada laring.

Meskipun obat-obatan modern cukup efektif dalam mengatasi asam lambung, namun beberapa di antaranya memiliki efek samping yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Oleh karena itu, alternatif obat asam lambung alami menjadi cara yang cukup menarik dan diminati banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang obat asam lambung alami, manfaat, dan cara menggunakannya dengan benar.

BACA JUGA:Asam Lambung Naik Ketika Beraktivitas? Berikut 7 Tips Mengatasinya

Mengapa Pilih Obat Asam Lambung Alami?

Obat asam lambung alami memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan obat-obatan modern, antara lain:

  • Tidak atau memiliki sedikit efek samping.
  • Bahan-bahan yang digunakan lebih mudah ditemukan dan harganya lebih terjangkau.
  • Tidak menimbulkan ketergantungan, sehingga lebih aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Banyak diantara obat alami tersebut memiliki khasiat tambahan yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Berikut adalah beberapa obat asam lambung alami yang dapat dijadikan pilihan untuk mengatasi gejala asam lambung yang mengganggu.

    Obat Asam Lambung Alami dan Cara Menggunakannya

    1. Kunyit

    Kunyit memiliki senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada lapisan kerongkongan dan melindungi sel-sel lambung dari kerusakan akibat asam lambung.

    Cara menggunakannya cukup mudah, bagi mereka yang ingin mengkonsumsinya cukup mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat, aduk hingga rata, dan minum perlahan 2-3 kali sehari.

    2. Madu

    Madu murni memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk melawan peradangan, serta melapisi kerongkongan yang teriritasi. Untuk menggunakannya, cukup minum satu sendok makan madu murni atau mencampurkannya dalam segelas air hangat saat gejala asam lambung mulai terasa.

    3. Jahe

    Jahe sudah lama dikenal sebagai obat alami yang efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk asam lambung. Jahe berfungsi sebagai anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan nyeri serta mengurangi refluks asam.

    Cara menggunakannya adalah dengan meminum teh jahe yang dibuat dari beberapa irisan jahe fresh yang direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

    BACA JUGA:Buah Ini Bisa Bantu atasi Asam Lambung, Apa Saja?

    4. Lidah buaya

    Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat membantu meredakan peradangan pada kerongkongan, melindungi lapisan lambung, serta memperbaiki jaringan yang rusak akibat asam lambung.

    Gel lidah buaya yang dapat diminum dijual di pasaran, atau bagi yang ingin membuatnya sendiri bisa mengolah daging lidah buaya dan mencampurnya dengan air secara merata. Minumlah 1/4 hingga 1/2 gelas sebelum makan untuk hasil terbaik.

    5. Teh chamomile

    Teh chamomile memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, serta mengurangi peradangan pada kerongkongan.

    Sajikan dan nikmati segelas teh chamomile hangat saat gejala asam lambung mulai terasa atau sebelum tidur untuk efek yang optimal.

    6. Buah-buahan dan sayuran

    Mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran seperti pisang, apel, brokoli, dan wortel dapat membantu mencegah asam lambung dengan mengurangi produksi asam dan membantu melindungi lapisan lambung.

    Pertimbangkan untuk menggantikan camilan tinggi lemak dan pedas dengan buah-buahan dan sayuran.

    7. Baking soda

    Baking soda (natrium bikarbonat) adalah basa lemah yang dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi gejala heartburn. Campurkan 1/2 sendok teh baking soda ke dalam segelas air dan minum ramuannya saat gejala asam lambung mulai terasa.

    Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan baking soda dalam jangka panjang tidak dianjurkan, karena bisa mengakibatkan kelebihan natrium dalam tubuh.

    8. Yoghurt

    Yoghurt mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin dapat membantu melindungi lambung dari efek iritasi akibat asam lambung dan menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan.

    BACA JUGA:Tips Mengelola Asam Lambung dan GERD: Penanganan yang Efektif untuk Kesehatan Lambungmu

    Obat asam lambung alami merupakan pilihan yang aman dan efektif untuk mengatasi gejala asam lambung yang mengganggu.

    Selalu ingat bahwa penggunaan obat alami ini sebaiknya dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup seperti mengurangi konsumsi makanan pemicu asam lambung, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, dan mengelola stres dengan baik.

    Apabila gejala asam lambung tidak kunjung membaik atau malah bertambah parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat dan efektif.

     

    Kategori :