Wow! Mengapa Memasak Makanan Sendiri Bisa Hemat Uang dan Sehat? Simak 7 Poin Penjelasannya!

Sabtu 22-07-2023,21:49 WIB
Reporter : Fizar
Editor : Fizar

 

DISWAY JOGJA - Makanan bukan hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi juga sebagai sumber kebahagiaan dan kenikmatan bagi banyak orang. Namun, ketika kita berbicara tentang makanan seringkali kita mendapati diri kita terjebak pada pilihan antara memasak makanan sendiri atau membelinya. Keberagaman warung makan dan makanan siap saji yang tersedia setiap hari membuat kita semakin mudah tergoda untuk hanya membeli makanan ketimbang memasaknya sendiri di rumah. Tapi apa yang sebenarnya kita dapatkan ketika kita membuat makanan kita sendiri?

 

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang manfaat dan keuntungan membuat makanan sendiri daripada membeli. Yuk kita ikuti poin-poin berikut ini!

 

  1. Kendali Penuh atas Bahan-Bahan yang DigunakanKetika kita memasak makanan sendiri di rumah kita memiliki kendali penuh atas bahan-bahan yang digunakan. Kita dapat memilih bahan-bahan segar dan berkualitas yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kita. Kita juga bisa menghindari penggunaan bahan-bahan tambahan seperti pengawet perasa buatan dan gula berlebih yang sering kali banyak terdapat dalam makanan siap saji. Dengan memasak sendiri kita dapat memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi aman dan sehat.
  2. Menghemat Uang
    Salah satu manfaat yang paling terlihat dari memasak makanan sendiri adalah menghemat uang. Harga makanan di warung atau makanan siap saji cenderung lebih mahal daripada jika kita membeli bahan-bahan makanan secara terpisah dan memasaknya sendiri di rumah. Kita juga dapat mengatur porsi makanan yang kita sajikan sehingga dapat menghindari pemborosan makanan yang sering terjadi ketika makan di luar. Selain itu, ketika kita memasak sendiri kita juga dapat mengatur frekuensi dan jenis makanan yang ingin kita konsumsi, sehingga kita dapat mengontrol pengeluaran kita dengan lebih baik.
  3. Kreativitas dan Kebebasan Eksperimen
    Memasak makanan sendiri juga memberikan pengalaman kreatif dan kebebasan untuk mencoba berbagai resep dan eksperimen baru. Kita dapat menghasilkan makanan dengan cita rasa yang sesuai dengan selera kita sendiri. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada menikmati hasil masakan yang kita buat sendiri dan melihat teman atau keluarga kita menikmatinya juga. Selain itu ketika kita memasak sendiri kita juga dapat menyesuaikan makanan dengan diet yang kita jalani atau kebutuhan kesehatan kita.
  4. Memperkuat Hubungan Sosial
    Bukan hanya sebagai kegiatan individu, memasak juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terdekat sambil memasak dan menikmati makanan yang kita buat sendiri, dapat mempererat ikatan sosial kita. Apalagi jika kita membuat makanan dalam acara gathering akan ada banyak kesempatan untuk berbagi resep belajar dari pengalaman masing-masing dan menciptakan kenangan indah bersama.
  5. Membangun Keterampilan
    Memasak makanan sendiri juga merupakan kesempatan bagus untuk mengembangkan keterampilan memasak kita. Dengan sering melakukannya kita akan semakin mahir dalam memasak dan menghasilkan hasil yang lebih baik setiap kali kita mencoba. Kita juga dapat belajar tentang berbagai teknik memasak bahan-bahan baru dan mencoba berbagai metode masak yang berbeda. Meningkatkan keterampilan memasak juga dapat membuka peluang untuk mengeksplorasi karier di industri kuliner atau bahkan membuka usaha makanan sendiri.
  6. Kontrol Gizi dan KesehatanDengan memasak makanan sendiri kita dapat dengan mudah mengontrol gizi dan mengambil keputusan yang lebih bijak dalam hal makanan yang kita konsumsi. Kita dapat memilih bahan-bahan yang rendah gula tinggi serat rendah sodium dan membatasi penggunaan lemak jenuh. Kita juga dapat mencocokkan porsi makanan dengan kebutuhan nutrisi tubuh kita. Dalam jangka panjang, memasak makanan sendiri dapat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit yang terkait dengan pola makan tidak sehat.
  7. Kemandirian dan Rasa Kepuasan
    Memasak makanan sendiri juga dapat meningkatkan rasa kemandirian dan rasa percaya diri kita. Dengan memasak sendiri kita tidak lagi bergantung pada makanan siap saji atau warung makan untuk memenuhi kebutuhan makan kita. Kita menjadi lebih mandiri dan dapat merencanakan pola makan kita dengan lebih baik. Ketika kita berhasil membuat makanan yang enak dan disukai oleh banyak orang rasa puas dan kebanggaan, yang kita rasakan adalah hal yang sulit digambarkan dengan kata-kata.

 

 

Dalam hal ini, membuat makanan sendiri secara rutin dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kita. Selain menghemat uang dan memberi kendali penuh atas bahan-bahan yang digunakan, kita juga dapat menikmati kreativitas dan kebebasan bereksperimen, memperkuat hubungan social, membangun keterampilan memasak, mengontrol gizi dan kesehatan, merasakan kemandirian serta kepuasan. Jadi alih-alih hanya membeli makanan, cobalah untuk menyisihkan waktu dan energi untuk memasak sendiri di rumah. Anda akan merasakan perbedaannya dan mungkin menemukan kesenangan baru dalam berkreasi dengan makanan. Selamat memasak dan selamat menikmati hasil karya Anda sendiri!

 

Kategori :