Palembang Terkenal dengan Pempek dan Tekwan. 5 Makanan Palembang Selain Pempek dan Tekwan, Harus Nyoba Sih

Selasa 18-07-2023,05:49 WIB
Reporter : Muhammad Hilmi Simatul Abror
Editor : Muhammad Hilmi Simatul Abror

DISWAY JOGJA - Siapa sih yang tidak kenal makanan khas palembang khususnya pempek dan tekwan. Dua makanan tersebut memang sangat diminati dan sangat populer.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia dan menjadi ibukota provinsi Sumatera yang terletak di bagian selatan. Sudah bisa dipastikan Palembang punya daya tarik tersendiri. Selain dengan adanya wisata alam berupa Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Masih banyak lagi tempat wisata lain, salah satunya adalah wisata kuliner yang cukup banyak jumlahnya. Meskipun Palembang lebih terkenal dengan pempek-nya, namun kamu perlu tahu bahwa saat ini sudah banyak kuliner di Palembang, termasuk olahan hasil modifikasi dari makanan khas wilayah lain.

Berikut adalah beberapa kuliner khas Palembang yang terkenal:

1.        Pindang Patin : Pindang Patin adalah hidangan ikan patin yang dimasak dalam kuah asam pedas. Kuahnya memiliki citarasa asam segar yang berasal dari asam jawa, tomat, dan rempah-rempah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat. Dan di Palembang muncullah makanan khas Palembang pindang patin dengan bahan utama pembuatannya berupa ikan dengan rasa gurih segar, dan sangat nikmat disantap ketika hangat.

2.        Mie Celor : Mie Celor adalah mie khas Palembang yang disajikan dengan kuah kental berbahan dasar santan. Mie ini biasanya dilengkapi dengan telur rebus, irisan tahu, udang, dan daun seledri.

3.        Laksan : Laksan adalah hidangan khas Palembang yang terdiri dari ketupat yang disajikan dengan kuah santan kental berbumbu kacang. Kuah laksan biasanya berisi irisan daging sapi, telur rebus, dan kerupuk. Bahan untuk pembuatan kuah bersantan ini pastinya adalah santan, namun tidak hanya itu, karena akan ada pula udang kering, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan bumbu lain. Selain dipadukan dengan kuahnya yang unik itu, satu hal lain yang membuat laksan unik adalah bentuknya yang oval. Untuk bisa mendapatkan laksan terkesan sangat mudah, karena makanan ini menjadi buruan orang-orang Palembang untuk sekedar dijadikan menu makan pengganjal perut.

4.        Kerupuk Palembang : Kerupuk Palembang terkenal dengan berbagai jenisnya, seperti kerupuk kulit, kerupuk amplang, dan kerupuk udang. Kerupuk ini dibuat dari bahan-bahan yang diolah dan dijemur hingga menjadi kering dan renyah.

5.        Kue 8 jam : Nama kue 8 jam atau lapan jam memang cukup unik dan agak nyleneh untuk penamaan sebuah kue, namun nama tersebut sangat relevan dengan lama waktu pembuatannya yang memakan waktu sampai 8 jam. Pembuatan kue selama itu memang cukup lama, namun bisa menciptakan rasa kue yang begitu enak, sama halnya dengan kue 8 jam yang berasa legit dan beraroma wangi. Bentuknya sendiri bewarna cokelat pekat dengan tekstur yang lembut, sehingga bisa dipastikan sangat lezat di mulut. Walaupun membuatnya lama, namun bahan-bahan pembuatannya bisa dengan mudah ditemukan, yakni mulai dari telur bebek, susu kental manis, mentega, dan gula pasir. Dengan adanya telur bebek itulah yang membuatnya berbeda dari kue-kue lain, karena kebanyakan kue lebih memilih memakai telur ayam tinimbang telur bebek. Kue yang dimasak dengan cara dikukus ini, harus menggunakan puluhan telur bebek, sehingga harganya cukup mahal, termasuk di toko oleh-oleh Bangau Pastry yang menyediakannya.

Itulah beberapa kuliner khas Palembang yang terkenal. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang khas dan unik, memperkaya warisan kuliner Indonesia. Jika Anda mengunjungi Palembang, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner-kuliner ini yang akan memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan.

Kategori :