Wajib Tau! 8 Manfaat Bubur Kacang Ijo. Ketika Ibu Hamil Ngidam Bubur Kacang Ijo, Baik Untuk Kesehatannya Loh.

Senin 17-07-2023,13:28 WIB
Reporter : Muhammad Hilmi Simatul Abror
Editor : Muhammad Hilmi Simatul Abror

DISWAY JOGJA - Bubur kacang hijau adalah salah satu menu sarapan yang mungkin menjadi kesukaan banyak orang. Bukan hanya nikmat, kacang hijau sendiri diketahui memiliki cukup banyak manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Kacang hijau bisa dijadikan berbagai jenis menu lain, seperti isian bakpia, bakpao, mocha, dan lain-lain. Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang menyehatkan dan sangat mudah untuk mendapatkannya. Manfaat kacang hijau didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium sampai zat besi. Bubur kacang ijo memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bubur kacang ijo:

1.        Sumber Serat: Bubur kacang ijo kaya akan serat makanan. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempromosikan gerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu menjaga kenyang lebih lama dan mengatur kadar gula darah.

2.        Kandungan Nutrisi : Bubur kacang ijo mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin B kompleks, dan antioksidan. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk fungsi otot, sistem kekebalan tubuh, dan pembentukan sel darah merah.

3.        Manfaat Pencernaan : Bubur kacang ijo memiliki sifat yang dapat membantu meringankan masalah pencernaan seperti perut kembung, diare, atau masalah pencernaan lainnya. Serat yang terkandung dalam bubur kacang ijo membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko masalah pencernaan.

4.        Sumber Energi : Kandungan karbohidrat dalam bubur kacang ijo memberikan sumber energi yang baik. Ini dapat memberikan kekuatan dan keenergian yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

5.        Menjaga Kesehatan Jantung : Kacang hijau yang digunakan dalam bubur kacang ijo mengandung serat, protein nabati, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Makanan tinggi serat dan rendah lemak jenuh dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

6.        Menjaga Kesehatan Kulit : Kacang hijau mengandung vitamin E dan antioksidan, yang baik untuk kesehatan kulit. Konsumsi bubur kacang ijo dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

7.        Mengurangi Gejala PMS : Sedang nyeri panggul akibat sedang PMS dan jadi tidak bisa beraktivitas? Jangan khawatir, karena kacang hijau juga baik jadi solusi untuk atasi nyeri gejala PMS. Kacang hijau akan bekerja di dalam tubuh dengan cara membantu mengendalikan hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini karena kandungan vitamin B6, vitamin B, magnesium, dan folat yang terdapat dalam kacang hijau. Jadi, dengan memperbanyak minum atau menyantap kacang hijau, kamu bisa terhindar dari gejala PMS yang mengganggu.

8.        Menjaga Kesehatan Kehamilan : Kacang hijau juga kaya akan asam folat, yang merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Ibu hamil perlu mendapatkan asam folat yang cukup agar bayi dapat terhindar dari kelahiran prematur, lahir dengan berat badan rendah, atau bahkan risiko keguguran. Asam folat juga dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat sistem saraf hingga 50 persen.

Penting untuk mencatat bahwa manfaat bubur kacang ijo ini didasarkan pada kandungan nutrisi yang umum ditemukan dalam bahan-bahannya. Namun, perlu diingat bahwa setiap individu mungkin memiliki respons yang berbeda terhadap makanan tertentu. Penting untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi pribadi Anda dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengubah atau menambahkan makanan dalam diet Anda.

Kategori :