Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan: Si Kecil Yang Berpotensi Besar

Sabtu 15-07-2023,09:49 WIB
Reporter : Annas Rifki
Editor : Annas Rifki

DISWAY JOGJA - Biji ketumber merupakan salah satu bumbu dapur yang sering diolah sebagai bumbu masakan khas dari Indonesia, memiliki kemiripan bentuk dengan merica, namun dari segi ukuran dan rasa keduannya memiliki ukuran dan rasa yang jauh berbeda.

Tidak hanya dikenal sebagai pelengkap hidangan, tetapi biji ketumbar juga memiliki sejarah yang panjang sebagai obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, biji ketumbar menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa yang mungkin berlum kita ketahui.

Lalu apa saja manfaat biji ketumbar bagi kesehatan? berikut penjelasannya.

1. Kaya akan nutrisi

Oleh karena kandungan gizinya yang melimpah, ini menjadi dasar yang kuat bagi manfaat ketumbar untuk kesehatan. Mengandung serar tinggi, vitamin K, vitamin C dan protein, ketumbar merupakan pelengkap yang sehat untuk makanan shari-hari.

Selain itu, kandungan mineral pada ketumbar seperti kalium, kalsium, mangan, zat besi dan magnesium semakin menambah daftar panjang manfaat biji ketumbar.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat biji ketumbar untuk kesehatan jantung sudah lama dipahami. Penelitian mengungkapkan bahwa biji ketumbar dapat membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (jahat) sementara meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Oleh karenanya, konsumsi ketumbar yang teratur dan seimbang dapat membantu melindungi terhadap berbagai penyakit jantung.

BACA JUGA:8 Manfaat Bunga Telang Bagi Kecantikan yang Wajib Kamu Ketahui: Bisa Cegah Penuaan Dini

3. Mengontrol gula darah

Bijii ketumbar juga diyakini dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Kandungan terpenoid, flavonoid, dan polifenol mampu memodifikasi cara kerja enzim yang berperan dalam produksi gula darah.

Ini menjadikan ketumbar sebagai bahan makanan yang potensial bagi penderita diabetes.

4. Sebagai anti-inflamasi

Kandungan antioksidan yang kaya, khususnya flavonoid dalam biji ketumbar, memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan. Ini berarti bahwa konsumsi ketumbar dapat membantu meringankan gejala radang dan nyeri, seperti yang ditemukan pada penyakit seperti arthritis dan reumatisme.

5. Melindungi kesehatan otak

Biji ketumbar dalam beberapa penelitian bisa melindungi terhadap penyakit neurologis, termasuk Alzheimer's, Parkinson dan sclerosis multipel. Zat antioksidan berperan dalam melindungi sel-sel otak dari peradangan dan stres oksidatif, yang selanjutnya membantu dalam mempertahankan fungsi kognitif.

6. Meningkatkan fungsi penceranaan

Biji ketumbar telah lama diketahui memiliki efek positif pada sistem pencernaan. Ini dapat meredakan gangguan pencernaan seperti kembung, sembelit dan sindrom iritasi usus besar.

Dalam penggunaan tradisional, sering kali digunakan sebagai carminative, yang artinya bisa meredakan kembung dan gas.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Berkat jumlah antioksidan yang tinggi, ketumbar dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketumbar memiliki sifat antimikroba, yang berarti bisa membantu melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Manfaat Daun Sirih Cina, Salah Satunya Dapat Mengatasi Jerawat

8. Memiliki potensi anti kanker

Beberapa penelitian awal telah menunjukkan bahwa biji ketumbar mungkin memiliki potensi antikanker. Senyawa yang ditemukan dalam ketumbar, seperti quercetin, telah terbukti memiliki efek antikanker dalam studi laboratorium dan hewan.

Meski diketahui ketumbar memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh, mengonsumsi ketumbar juga tidak dapat dilakukan sembarangan secara berlebihan. Ketumbar memang memiliki efektifitas dalam menurunkan gula darah, oleh sebab itu bagi mereka yang sedang mengkonsumsi obat diabetes atau yang menderita hipoglikemia harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi ketumbar.

Selain itu, untuk ibu hamil yang menyusui sebaiknya mengkonsumsi ketumbang secara dengan jumlah yang terbatas. Dikarenakan, efek dari ketumbar pada sekresi kelenjar dapat mengakibatkan kerusakan pada ibu, janin, serta kelenjar reproduksi. Dan juga biji ketumbar dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang 

Itulah beberapa manfaat dari ketumbar, konsumsi ketumbar secara seimbang dan sebagai bagian dari pola makan yang sehat secara keseluruhan. Alhasil, kita bisa merasakan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan olek ketumbar, si kecil berpotensi besar ini!

Kategori :