5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut, Lengkap dengan Cara Pemakaiannya!

Jumat 14-07-2023,21:04 WIB
Reporter : Rosiana Mahmudah
Editor : Rosiana Mahmudah

DISWAY JOGJA - Lidah buaya atau aloe vera adalah sebuah tanaman yang berdaun tebal dan memiliki tekstur daging buah seperti gel. Tanaman ini dapat dengan mudah kita temukan dimana saja, bahkan anda juga dapat menanamnya sendiri.

Banyak manfaat dari lidah buaya, salah satunya untuk kecantikan, kesehatan, dan pengobatan. Penelitian mengatakan ekstrak aloe vera ini mempunyai sifat anti inflamasi, antiseptik, dan analgesik ketika dioleskan.

Dilansir dari halodoc.com, menurut dr. Rizal Fadli aloe vera ini juga mempunyai banyak kandungan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, seperti vitamin A, B12, C, dan E. Anda bisa menggunakan tanaman ini dengan menjadikannya masker rambut. Lalu, apa saja sih manfaat lidah buaya untuk rambut? Simak penjelasan berikut.

1. Menghidrasi rambut

Lidah buaya mengandung sejumlah besar air, vitamin dan mineral esensial. Kandungan airnya membantu menghidrasi rambut yang kering dan kusam, serta menjaga kelembaban rambut secara alami.

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Mempunyai sifat antiinflamasi dan antiseptik alami , lidah buaya bisa membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe, gatal-gatal, dan peradangan. Kulit kepala yang sehat adalah lingkungan yang baik untuk pertumbuhan rambut yang subur.

3. Merangsang pertumbuhan rambut

M engandung enzim proteolitik , lidah buaya dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit mati di kulit kepala. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut dan merangsang folikel rambut, yang pada gilirannya dapat mempromosikan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

4. Mengurangi kerontokan rambut

Lidah buaya juga memiliki kandungan nutrisi yang meliputi vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti seng dan selenium. Nutrisi-nutrisi ini baik untuk menjaga kesehatan rambut dan dapat membantu mengurangi kerontokan rambut yang berlebihan.

5. Meningkatkan kekuatan dan kelembutan rambut

 

M engandung asam amino , lidah buaya dapat menguatkan helai rambut dan membuatnya lebih kuat. Selain itu, lidah buaya juga membantu menjaga keseimbangan ph kulit kepala, yang dapat membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Adapun cara menggunakan lidah buaya untuk kesehatan rambut, a nda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Siapkan daun lidah buaya segar

Pilihlah daun lidah buaya yang segar dan tebal. Kemudian p otong ujung dan bagian pinggir daun untuk memudahkan mengambil gel di dalamnya.

Ekstraksi gel lidah buaya

Iris secara berlawanan di sepanjang daun lidah buaya dan gunakan sendok atau pisau tumpul untuk mengeluarkan gel transparan yang ada di dalamnya. Anda juga dapat menggunakan pisau untuk mengupas kulit bagian atas daun dan mengambil gel dari dalamnya.

Persiapkan gel lidah buaya

Kemudian l etakkan gel tersebut dalam wadah kecil. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya murni atau mencampur kannya dengan bahan-bahan tambahan seperti minyak almond, minyak kelapa, minyak zaitun, atau beberapa tetes minyak esensial (seperti minyak lavender atau minyak peppermint) untuk manfaat tambahan.

Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala

Selanjutnya ambil sedikit gel lidah buaya dengan tangan atau kuas dan aplikasikan ke rambut serta kulit kepala secara merata. Pastikan kulit kepala dan seluruh helai rambut terlapisi dengan baik. Pijat lembut kulit kepala selama beberapa menit untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Diamkan beberapa waktu

Setelah mengaplikasikan gel lidah buaya, biarkan selama 30 menit hingga 1 jam . Hal tersebut bertujuan agar nutrisi dalam lidah buaya dapat diserap dengan baik oleh rambut dan kulit kepala.

Bilas dengan air hangat

Setelah waktu penyerapan yang cukup, Anda bisa mem bilas rambut dengan air hangat sampai bersih. Pastikan semua sisa gel lidah buaya terhapus dengan baik.

Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut dua kali dalam satu minggu atau sesuai kebutuhan. Namun, perlu diingat bahwa hasil yang optimal dapat berbeda-beda untuk setiap orang .

Jika Anda memiliki masalah serius dengan rambut atau kulit kepala, sebaiknya konsultasikan dengan ahli perawatan rambut atau dokter sebelum menggunakan lidah buaya atau bahan alami lainnya.

Kategori :