Haruskan Berbuka Puasa dengan yang Manis?

Rabu 06-04-2022,03:20 WIB
Editor : Gunawan

JAKARTA (DiswayJateng) – Bagi Sebagian orang, berbuka puasa biasanya diawali dengan minuman manis, baik panas maupun dingin. Dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan sesuai dengan selera masing-masing. Lantas, bagaimana fakta sebenarnya? Benarkah berbuka puasa harus dengan makanan atau minuman yang manis?

Soal ini, Nutrisionis Aplikasi Gizi Nusantara Dera Alghaniiyyu Shabarudin SGz mengatakan, saat berpuasa, tubuh akan mengalami penurunan kadar glukosa dalam darah. Saat kadar glukosa turun, biasanya tubuh menjadi lemas. Karena itulah, saat buka puasa, kita dianjurkan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Demi mengembalikan kadar glukosa tersebut.

"Tetapi, tidak disarankan memilih menu makanan atau minuman, dengan tambahan gula berlebih," kata Dera melalui laman Instagram Gizi Nusantara, seperti dikutip dari RM.id.

Contoh makanan manis yang disarankan untuk berbuka puasa adalah kurma, buah-buahan, puding buah plain tanpa tambahan gula, dan jus/smoothies tanpa tambahan gula.

"Teh manis, sop buah, snack manis, kolak, dan sirup tidak disarankan. Begitu juga makanan atau minuman lain yang tinggi gula seperti creamer, kental manis, dan sebagainya," bebernya. (hes)

Editor : R Gunawan

Tags :
Kategori :

Terkait