Cara Mengatur Kecepatan Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Pas Ketika Dipakai

Cara Mengatur Kecepatan Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Pas Ketika Dipakai

Mengatur kecepatan putaran merek mesin cuci terbaik-agsolphoto-www.freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu alat elektronik yang sangat penting untuk menjaga kebersihan pakaian kita sehari-hari. Tetapi, tidak semua pakaian membutuhkan kecepatan putaran mesin cuci yang sama.

Mengatur kecepatan putaran merek mesin cuci terbaik merupakan langkah penting untuk menjaga pakaian kamu tetap dalam keadaan yang baik dan sesuai jenis pakaian yang kamu cuci.

Jika kamu sudah paham opsi yang ada di merek mesin cuci terbaikmu, kamu akan pertimbangkan jenis pakaian yang hendak dicuci, kamu juga bisa memperoleh hasil cucian yang paling baik.

Jangan lupa untuk kamu selalu mengacu petunjuk pemakaian merek mesin cuci terbaik kamu untuk informasi lebih spesifik.

BACA JUGA : Dampak Colokan Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Dicabut

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berkarat

Berikut cara mengatur kecepatan putaran di mesin cuci :

1. Jenis Mesin Cuci

Ada 2 jenis mesin cuci yang umum digunakan yaitu mesin cuci satu tabung (top loading) dan mesin cuci dua tabung (front loading). Cara mengatur kecepatan putarannya bisa sedikit berbeda.

2. Membaca Petunjuk Penggunaan

Setiap mesin cuci mempunyai cara pengaturan yang berbeda-beda, dan petunjuk pemakaian akan memberi informasi yang spesifik mengenai cara mengatur kecepatan putaran.

3. Memahami Opsi Putaran

Berikut beberapa opsi putaran yang bisa dipilih pada mesin cuci modern :

- Tanpa Putaran

Ini akan membuat mesin cuci berhenti berputar setelahselesai proses cuci tanpa harus melakukan putaran pengeringan. Sehingga cocok digunakan untuk pakaian yang sangat sensitif atau pakaian yang sama sekali tidak boleh diputar.

- Putaran Rendah

Putaran rendah dipakai untuk pakaian yang sangat sensitif seperti sutra ataupun pakaian yang punya dekorasi yang rumit. Putaran rendah bisa mengurangi risiko serat pakaian rusak.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengisi Air Terus Menerus, Ini Solusinya

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berputar Pelan

- Putaran Sedang

Opsi ini cocok dipakai untuk pakaian sehari-hari seperti kemeja, celana, dan baju. Putaran sedang cukup efisien untuk menghilangkan air tanpa membuat pakaian rusak.

- Putaran Cepat

Cocok digunakan bagi pakaian yang bahannya tidak terlalu sensitif seperti linen, jeans, dan handuk. Kecepatan putaran yang tinggi bisa menghilangkan air lebih banyak dari pakaian sehingga akan membuat waktu pengeringan jadi lebih singkat.

4. Penggunaan Mesin Cuci Front Loading

Apabila kamu mempunyai mesin cuci front loading, biasanya kamu bisa memilih kecepatan putaran dengan lebih spesifik pada putaran per menit (rpm). Hal ini akan memberikan kontrol lebih banyak atas pengeringan pakaian.

Pada umumnya, kamu bisa  memilih antara 400 rpm sampai 1600 rpm atau bahkan lebih tergantung dari model mesin cuci kamu.

BACA JUGA : Cara Melindungi Kabel Merek Mesin Cuci Terbaik Supaya Tidak Dimakan Tikus

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Pakaian Tidak Kering

5. Pertimbangkan Jenis Pakaian

Saat kamu mengatur kecepatan putaran, maka pertimbangkan juga jenis pakaian yang hendak kamu cuci. Misal :

- Pakaian sensitif seperti bulu angsa, sutra ataupun pakaian yang ada payetnya lebih baik dicuci di putaran yang rendah atau sama sekali tanpa putaran.

- Pakaian kita sehari-hari seperti celana, baju dan kemeja biasanya akan aman dicuci dalam putaran sedang.

- Pakaian yang tebal seperti linen, handuk atau jeans bisa dicuci di putaran cepat.

6. Beban Mesin Cuci

Kecepatan putaran juga bisa dipengaruhi berat beban pada mesin cuci. Apabila mesin cuci kamu terlalu penuh, maka akan membuat putaran cepat kemungkinan tidak efektif untuk menghilangkan air dari pakaian. Pastikan kamu mengisi mesin cuci sesuai kapasitas maksimum yang telah disarankan produsen.

BACA JUGA : Penyebab Pembuangan Air Merek Mesin Cuci Terbaik Lambat, Berikut Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Takaran Air Untuk Mencuci Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Simak Penjelasan Berikut

7. Cari Fitur Tambahan

Beberapa dari merek mesin cuci terbaik telah dilengkapi fitur tambahan yang bisa membantu kamu dalam mengatur kecepatan putaran secara lebih baik.

Misal, ada mesin cuci yang mempunyai sensor berat beban yang dengan otomatis akan mengatur putaran sesuai berat pakaian yang dimuat.

8. Percobaan dan Pengalaman Pribadi

Mungkin setiap rumah tangga mempunyai preferensi berbeda-beda dalam hal kecepatan putaran mesin cuci. Kamu bisa coba berbagai pengaturan dan kamu perhatikan hasilnya.

Seiring dengan waktu, kamu akan belajar cara mengatur kecepatan putaran yang paling cocok digunakan untuk pakaian kamu.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Dibuka, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Beberapa Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diservis

9. Pelajari Perawatan Mesin Cuci

Drum dan filter mesin cuci dibersihkan secara berkala, lalu kamu cek kondisi mesin cuci dengan rutin agar mesin cuci dapat berfungsi dengan lebih efisien dalam mengatur kecepatan putaran.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kecepatan putaran merek mesin cuci terbaik agar pas ketika dipakai. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id