Cara Membersihkan Filter Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Karatan

Cara Membersihkan Filter Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Karatan

cara membersihkan filter merek mesin cuci terbaik yang kotor agar tidak karatan-sorindarii-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu barang elektronika yang bisa membantu kita dalam menjaga kebersihan pakaian dalam rumah tangga kita sehari-hari.

Tetapi, untuk memastikan bahwa merek mesin cuci terbaikmu tetap dapat berfungsi dengan baik dan awet atau tahan lama, kamu perlu melakukan perawatan terhadap mesin cuci dengan tepat.

Bagian yang perlu memperoleh perhatian yang khusus salah satunya yaitu filter merek mesin cuci terbaik. Filter pada mesin cuci bertugas menyaring serpihan dan kotoran yang mungkin ada di dalam air dan mencucinya.

Supaya merek mesin cuci terbaik kamu tetap efisien dan tidak gampang untuk karatan, kamu perlu mengetahui dan mengikuti cara membersihkan filter mesin cuci secara benar.

BACA JUGA : Manfaat Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Air Hangat

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Tiba-Tiba Berhenti

Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan filter mesin cuci :

1. Matikan Mesin Cuci dan Cabut Colokan Listriknya

Sebelum kamu mulai melakukan pembersihan, terlebih dahulu kamu pastikan kalau mesin cuci dalam kondisi mati dan colokan listriknya dicabut.

Langkah tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya sebuah kecelakaan dan untuk memastikan keamanan kmau selama proses pembersihan berjalan.

2. Temukan Lokasi Filter Mesin Cuci

Biasanya filter mesin cuci ada di bawah mesin atau ada di sekitar pintu mesin cuci. Sebelum kamu membuka filter mesin cuci, coba kakmu baca petunjuk pemakaian mesin cuci yang disertakan produsen guna memastikan lokasi filter secara tepat.

3. Siapkan Alat dan Bahan Pembersih

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan filter mesin cuci diantaranya seperti sikat gigi yang bekas, ember berukuran kecil, air yang hangat, dan juga deterjen. Pastikan kamu mempunyai semua itu sebelum proses pembersihan kamu mulai.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : Penyebab Listrik Mati Saat Merek Mesin Cuci Terbaik Dinyalakan

4. Bersihkan Filter dari Serpihan dan Kotoran

Filter mesin cuci dilepaskan dari tempatnya, lalu cek apakah di filter tersebut terdapat kotoran ataupun serpihan yang menempel. Sikat gigi bekas kamu gunakan untuk membersihkan filter secara lembut, pastikan bahwa tidak terdapat sisa-sisa yang masih tertinggal.

5. Bersihkan Filter Menggunakan Air Hangat dan Deterjen

Setelah kamu membersihkan sisa kotoran di filter, kemudian rendam filter di dalam air hangat yang sudah dicampur sedikit deterjen. Biarkan dalam waktu beberapa menit supaya kotoran yang mungkin sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi bisa terlarut.

6. Bilas Filter Menggunakan Air Bersih

Setelah proses perendaman selesai, bilas filter menggunakan air yang bersih guna menghilangkan kotoran yang terlepas dan sisa residu deterjen. Pastikan kalau filter tersebut telah  benar-benar bersih sebelum kamu memasangnya kembali ke mesin cuci.

7. Cek Selang Pembuangan Air

Selain filter mesin cuci yang dibersihkan, kamu juga perlu menegecek selang pembuangan air pada mesin cuci kamu. Pastikan bahwa selang pembuangan tersebut tidak ada yang menyumbatnya atau benda asing yang bisa membuat aliran air yang keluar dari dalam mesin cuci jadi terhambat.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Getar Dan Goyang

BACA JUGA : Tips Ampuh Mencegah Baju Luntur Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tetap Awet

8. Lakukan Pembersihan Dengan Rutin

Supaya mesin cuci kamu tetap mampu untuk berfungsi secara optimal, kamu perlu melakukan pembersihan filter mesin cuci dengan rutin, misal setiap bulan satu kali atau sesuaikan dengan petunjuk pemakaian merek mesin cuci terbaik kamu.

Hal itu akan mencegah adanya pembentukan karat dan untuk memastikan kalau mesin cuci kmau tetap dalam keadaan yang baik.

Itulah beberapa cara yang mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan filter merek mesin cuci terbaik yang kotor agar tidak karatan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id