Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Tiba-Tiba Berhenti

Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Tiba-Tiba Berhenti

Merek mesin cuci terbaik tiba-tiba berhenti-iljaest-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan alat elektronik yang banyak dipakai untuk mencuci pakaian sehari-hari dalam rumah tangga.

Meskipun mudah dipakai dan hemat waktu serta tenaga, tetapi merek mesin cuci terbaik yang berhenti secara tiba-tiba tentu akan menjadi masalah.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan merek mesin cuci terbaik tiba-tiba berhenti. Seperti pemanas yang tidak bisa berfungsi, suplai air terputus atau lambat.

Serta terlalu banyak muatan, kerusakan motor, mesin dinamo yang rusak, beban tidak seimbang, lubang persegi yang ada di pintu merek mesin cuci terbaik patah, dan dinamo pengering rusak.

Tetapi kamu jangan panik dulu, sebab telah ada panduan yang bisa kamu ikuti tanpa perlu ribet-ribet kamu panggil teknisi merek mesin cuci terbaik untuk datang ke rumah.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Sering Error Dan Mengeluarkan Bunyi

BACA JUGA : Tips Ampuh Mencegah Baju Luntur Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tetap Awet

Berikut cara untuk memperbaiki mesin cuci yang tiba-tiba berhenti :

1. Cek Sumber Daya Listrik

Pertama yang bisa kamu lakukan yaitu bisa coba untuk mengecek sumber daya listrik yang mengalir pada mesin cuci. Cek keadaan kabel daya dan soket.

Bila diperlukan, kamu coba sambungkan mesin cuci pada soket yang berbeda atau kamu cek pemutus sirkuit guna memastikan bahwa tidak terdapat gangguan pada daya listrik.

2. Periksa Pintu Mesin Cuci

Kamu harus tahu bahwa sebagian besar mesin cuci saat ini telah dilengkapi dengan sensor pintu yang akan mencegah mesin cuci berfungsi apabila pintu tidak tertutup secara benar.

Pintu mesin cuci kamu cek dulu apakah sudah tertutup rapat atau tidak tertutup. Apabila tidak, maka kamu harus menutup pintunya dengan baik dan pastikan bahwa sensor pintu tersebut tidak terhalang oleh kotoran ataupun debu.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Kerak Deterjen Di Merek Mesin Cuci Terbaik Bagian Dalam

BACA JUGA : Penyebab Listrik Mati Saat Merek Mesin Cuci Terbaik Dinyalakan

3. Periksa Filter dan Saluran Air

Mesin cuci bisa berhenti bekerja apabila filter atau saluran air terakumulasi kotoran terlalu banyak. Maka dari itu, periksa filter yang ada di belakang atau di bagian bawah mesin cuci dan bersihkan filter bila diperlukan.

Selain itu, cek juga saluran air untuk memastikan kalau tidak terdapat sumbatan yang bisa membuat aliran air ke mesin cuci jadi terhenti.

4. Cek Pompa Pembuangan

Pompa pembuangan yang kondisinya tersumbat bisa mengakibatkan mesin cuci jadi berhenti bekerja. Kamu bisa cek pompa tersebut yang terletak di belakang atau di bawah mesin cuci.

Kemudian, cek apakah terdapat benda asing ataupun kotoran yang bisa membuat putaran pompa jadi terhalang. Jika terdapat benda asing atau kotoran, maka kamu harus segera membersihkan pompa tersebut supaya masalah mesin cuci kamu bisa segera teratasi.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Putaran Indikator Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

BACA JUGA : Cara Mencuci Gorden Berjamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

5. Perhatikan Level Air

Mesin cuci juga bisa berhenti bekerja bila level airnya tidak mencukupi. Pastikan kalau selang air masuk dalam keadaan tidak bengkok ataupun terlipat, sehingga tidak membuat aliran air terhambat. Cek juga penyaring di ujung selang apakah tidak tersumbat karena ada kotoran.

6. Periksa Pegas Pintu Pengunci

Apabila merek mesin cuci terbaik sudah dilengkapi pintu pengunci otomatis, maka pastikan kalau pegas pintu penguncinya berfungsi dengan baik.

Karena jika pegas pintu kondisinya rusak atau aus, maka mesin cuci kamu mungkin tidak akan bisa berfungsi. Segera ganti pegas pintu yang baru supaya dapat berfungsi kembali seperti semula.

7. Cek Kelembaban di Motor

Kelembaban di sekitar motor mesin cuci  yang berlebihan bisa jadi penyebab berhentinya mesin dengan tiba-tiba. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek ada atau tidaknya sebuah tanda-tanda kelembaban yang tidak biasanya di sana.

Pastikan juga di sekitar area motor tersebut kondisinya kering dan tidak lembap, karena bila kondisinya lembab, segeralah kamu cari sumbernya dan segera perbaiki.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Bagian Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Anti Berkarat Tidak Bau

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Getar Dan Goyang

8. Reset Mesin Cuci

Beberapa dari mesin cuci memiliki fungsi reset yang bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah sementara. Mesin cuciterlebih dahulu dimatikan, lalu lepaskan daya listrik dalam waktu beberapa menit, kemudian nyalakan kembali. Hal itu bisa membantu untuk mengatasi gangguan kecil yang bisa membuat mesin cuci jadi berhenti tiba-tiba.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki merek mesin cuci terbaik yang tiba-tiba berhenti. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.nakita.grid.id