Gencarkan Edukasi Bahaya Narkoba, BNN Rutin Blusukan Sekolah Wilayah Tegal Brebes

Gencarkan Edukasi Bahaya Narkoba, BNN Rutin Blusukan Sekolah Wilayah Tegal Brebes

DAMPAK - Ketua Tim Humas dan penyuluh BNN Kota Tegal menjabarkan dampak buruk penyalahgunaan narkoba di SPENDUJA, Rabu (4/9).-Syamsul Falaq/ RATEG-

diswayjogja.com - Badan Narkotika Nasional Kota Tegal, terus menggencarkan edukasi bahaya narkoba. Bahkan, dengan jadwal rutin tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat kembali blusukan ke sekolah.

Tujuannya, memberikan pemahaman, penyebarluasan informasi tentang dampak buruk penyalahgunaan narkoba. Hal itu, terungkap saat sosialisasi dan edukasi P4GN di SMP N 2 Jatibarang, Rabu (4/9).

Kepala BNN Kota Tegal melalui Tim P2M dipimpin Ketua Tim Humas Haris Hernowo mengungkapkan, maraknya keberadaan Warung Aceh dan beragam modus peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Masih menjadi pekerjaan rumah besar, sekaligus tanggung jawab semua pihak. Sehingga, cara paling efektif mengantisipasi dampak buruk narkoba dengan cara menggencarkan edukasi P4GN.

BACA JUGA : Azriel Putra dan Eka Wati Terpilih Jadi Duta Anti Narkoba BNN Kota Tegal 2024

"Alhamdulilah, roadshow edukasi dan diseminasi informasi P4GN didukung penuh Bakesbangpol dan Dindikpora Brebes. Sehingga, program blusukan sekolah lebih efektif dilakukan," terangnya.

Respon antusias edukasi P4GN, lanjut Haris, semakin memotivasi tim penyuluh untuk mengedukasi masyarakat. Terlebih, semakin banyak trik jaringan pengedar dan bandar narkoba menjerat penyalahguna.

Seperti, memberikan gratis untuk membuat ketagihan kemudian menjadi terjerat sebagai penyalahguna. Harapannya, roadshow ini lebih mengoptimalkan target penyuluhan menuju Tegal, Brebes Slawi Bersih dari Narkoba.

"Roadshow di SPENDUJA, diikuti 750 pelajar. Kemudian, hari yang sama juga berlangsung Edukasi P4GN di SMPN 3 Brebes diikuti 330 pelajar. Sebelumnya, di MTS Maarif NU 4 Songgom diikuti 350 pelajar," jelasnya.

BACA JUGA : Kodim 0713 Brebes dan BNN Laksanakan Sosialisasi P4GN

Sementara itu, Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Kota Tegal Sholikhah Ernawati menambahkan, untuk menarik minat dan antusiasme pelajar memahami bahaya dan dampak buruk penyalahgunaan narkoba.

Seluruh pelajar, diajak untuk mengembangkan bakat minat dan kreatifitas tanpa narkoba. Termasuk, menyalurkan hobi yang positif agar kepercayaan diri dan kepribadian berkarakter lebih kuat terbentuk.

"Selain mengenalkan kandungan zat kimia berbahaya, dalam setiap P4GN juga diselingi role playing dan ice breaking yang menarik. Sehingga, peserta edukasi tidak jenuh dan mengikuti kegiatan lebih fokus antusias," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: