Cara Klaim Ansuransi KPR, Berikut Panduan Lengkapnya

Cara Klaim Ansuransi KPR, Berikut Panduan Lengkapnya

Pentingnya ansuransi dalam pengajuan kpr-Freepik-

Jika perlu pemahaman langsung bisa menghubungi agen terkait ansuransi mengenai polis ansuransi. Dengan begitu, penjelasan lengkap lebih bisa terdengar nyata.

- Membuat laporan kemalangan ke pihak asuransi

Untuk mendapatkan klaim ansuransi rumah kpr bisa melaorkan kejadian yang berlalu. Memberikan catatan secara detail atau akurat bisa menjadi jawaban tepat dalam pelaporan risiko.

Dalam pelaporan ansuransi normalnya tidak boleh lebih dari 2 minggu setelah kemalangan berlangsung. Bisa juga menyesuaikan dengan peraturan yang tertera pada masing masing polis ansuransi.


cara klaim ansuransi pada kpr jika mendapati kemalangan-Freepik-

Dalam pelaporan perlu adanya konfirmasi kronologis dari pristiwa yang ada. Laporkan secara tertulis dan mendetail, mulai dari tanggal, lokasi, sampai kejadian berlalu.

Lanjut mengirimkan tulisan lewat email perusahaan atau melalui pos. Layanan yang dipilih bergantung dengan perusahaan asuransi yang diambil.

Tahapan berikutnya, pihak ansuransi minta nasabah untuk melengkapi formulir secara detal. Begitupun dengan perlengkapan berkas yang diperlukan.

Mulai dari surat keterangan dari kepolisian setempat, atau surat keterangan dari kepala desa. Dilanjut dengan surat keterangan dari dokte dan bukti lain yang diminta pihak ansuransi.

Dalam pemenuhan berkas yang ada, usahakan lakukan semua dengan benar dan lengkap. Hal ini akan mempermudah proses ansuransi diajukan dan digunakan.

- Tunggu hasil dari pihak asuransi

Jika semua berkas klaim ansuransi yang diminta sudah dipenuhi nasabah. Tahapan berikutnya, pihak ansuransi akan melakukan pengecekan menyeluruh terhadap pengajuan.

Memang membutuhkan waktu dalam pencairan ansuransi, sebab pihak ansuransi perlu bertanggung jawab setelahnya. Dan ansuransi rumah bukan nominal yang kecil bagi perusahaan ansuransi.

Misalnya kasus yang terjadi dengan nominal yang cukup besar, tentunya butuh bantuan dari loss adjuster. Pentingnya penyelidikan klaim yang diajukan dengan menggunakan konsultan.

Adanya loss adjuster bertujuan agar proses klaim asuransi berlangsung secara adil dan transparan. Baik dari pihak ansuransi maupun nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sinarmas insurtech