Apa Perbedaan Vakum dan Flushing Merek AC Terbaik, Simak Penjelasannya

Apa Perbedaan Vakum dan Flushing Merek AC Terbaik, Simak Penjelasannya

Penjelasan Mengenai Perbedaan Vakum dan Flushing Pada Merek AC Terbaik--iStockphoto

Flushing AC

Sedangkan untuk flushing pada AC yaitu membersihkan atau pembilasan. Pembersihan ini bisa bermacam-macam yang ada di jalur pemipaan, baik itu dari kompresor, unit indoor, dan juga di dalam pipanya.

Biasanya flushing ini dilakukan ketika terjadi suatu kebocoran atau mungkin sebelumnya AC belum pernah divakum serta mungkin ada kendala misal ada kebocoran yang kemudian di las.

Hal tersebut memang seharusnya diflushing. Biasanya flushing ini tidak seperti vakum. Vakum ada alat mesinnya, sedangkan flushing biasanya dibantu dengan gas R-11.

Kemudian dipasangin juga tambahan freon yang berfungsi untuk mendorong gas R-11 tersebut, lalu dibersihkan.

Jadi, gas R-11 tersebut akan bereaksi dengan zat-zat yang ada di dalam pemipaan. Dengan tujuan agar kotoran yang ada di dalam pipa AC bisa keluar dan bersih.

BACA JUGA : Tips Penting Merawat Merek AC Terbaik Agar Awet, Nomor 3 Sering Disepelekan

BACA JUGA : Mengenal Komponen Merek AC Terbaik: Fungsi dan Cara Kerja Menghasilkan Udara Dingin

Flushing dilakukan jika di dalam pemipaan AC kotor sehingga lebih bersih dan bisa untuk membersihkan oli yang mungkin terperangkap di dalam jalur pemipaan.

Jadi, vakum dan flushing bukanlah dua istilah yang memiliki satu arti, tetapi fungsinya memang berbeda.

Vakum adalah untuk menghisap atau menyedeot udara yang terjebak dan terperangkap di jalur pemipaan AC. Sedangkan, flushing adalah membersihkan atau pembilasan.

Walaupun sama-sama membersihkan instalasi, vakum adalah membersihkan instalasi dengan menyedot udara dan uap air yang terjebak menggunakan mesin vakum.

Karena merek AC terbaik jika tidak divakum bisa memperpendek umur kompresor. Karena oli nantinya akan rusak dan bercampur dengan uap air tersebut.

Jika oli rusak, maka oli tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya untuk melumasi semua komponen yang ada di dalam kompresor AC. Efeknya bisa memperpendek umur kompresor.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Gunakan Remot Merek AC Terbaik yang Benar, Cek sampai Selesai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@adoguno