Cara Mengetahui PK Merek AC Terbaik Sesuai Dengan Kebutuhan Ruangan

Cara Mengetahui PK Merek AC Terbaik Sesuai Dengan Kebutuhan Ruangan

Berikut Cara Untuk Mengetahui Ukuran PK Merek AC Terbaik Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Ruangan-Interiors3D-iStockphoto

PK sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menilai kapasitas, daya atau tenaga dari kompresor AC yang kamu gunakan. Sedangkan, Btu bisa dikatakan sebagai daya pendingin AC.

Btu menyatakan kemampuan mengurangi panas atau mendinginkan ruangan dengan luas kondisi tertentu selama satu jam. Jadi, semakin besar PK AC maka semakin besar juga Btu-nya.

Cara Mengetahui PK AC

Untuk rumus dalam menentukannya Panjang (P) x Lebar (L) x 537 Btu/h. Contohnya, untuk ruangan panjang 3 meter dan lebar 3 meter, maka perhitungannya 3 meter x 3 meter x 537 Btu/h.

Dan mendapat hasil perhitungan 4.833 Btu/h. Berarti untuk ruangan dengan luas 9 meter persegi membutuhkan AC dengan Btu kurang lebih 4.833 Btu/h atau bisa kamu genapkan ke 5000 Btu/h.

Untuk mengetahui kapasitas PK AC biasanya disesuaikan dengan hasil Btu dan juga ukuran ruangan kamu yang disarankan.

Tapi perlu kamu ketahui bahwa rumus perhitungan tersebut hanya berlaku untuk kondisi ruangan normal dengan langit-langit sekitar 2,5 sampai 3 meter.

Selain itu, ada beberapa hal yang mempengaruhi pada kebutuhan PK merek AC terbaik juga selain luas ruangan adalah sebagai berikut.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis Tanpa Baca Buku Panduan

BACA JUGA : Unit Outdoor Merek AC Terbaikmu Berisik Bergetar, Hal Berikut Bisa Jadi Penyebabnya

1. Tinggi Ruangan

Hal pertama yang mempengaruhi pemilihan PK AC adalah tinggi ruangan. Karena semakin tinggi ruangannya, maka akan semakin besar juga volume ruangan atau volume udara yang perlu didinginkan oleh AC.

2. Penggunaan Jenis Lampu

Perlu kamu ketahui bahwa lampu yang menyala akan mengeluarkan hawa panas. Jika watt-nya semakin tinggi, maka biasanya lampu juga akan semakin panas.

Begitu juga halnya jika lampu yang ada di dalam ruangan kamu terlalu banyak, maka hawa dari lampu-lampu tersebut akan mempengaruhi juga hawa dalam ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@haielektronikid