Solusi KPR 2024 Macet, Coba Lakukan Langkah Berikut

Solusi KPR 2024 Macet, Coba Lakukan Langkah Berikut

Jika mengalami kredit macet, coba lakukan ini-freepik-


Mencoba peruntungan dari jual beli agar mendapatkan tambahan dana-freepik-

Restrukturisasi kpr yang dipunya

Demi mempertahankan rumah atau property yang ada, nasabag bisa langsung melunasinya. Namun jika masalah enkonomi menjadi kendala dalam pembayaran, nasabah perlu mengajuakn restruksturasi kpr.

Dalam restrukturasi kpr bervariasi modelnya. Mulai dari tenor yang diperpanjang dan buat cicilan jadi ringan, termasuk dengan negosiasi suku bunga. Bahkan pihak bank bisa memberhentikan sementara waktu ciiclan yang ada.

Namun semua ini bergantung dengan kondisi nasabah dengan nilai aset yang dipunya. Jika aset lebih tinggi dari pada hutang lebih baik menjual asetnya saja dari pada menanggung beban.

BACA JUGA : Pendaftaran KPR FLPP 2024, Berikut Panduan Lengkapnya

BACA JUGA : KPR 2024 Perhatikan Daftar Ansuransi Pokok

Lelang rumah

Pelelangan rumah terjadi ketika tidak ada pilihan lain dalam kemacetan pembayaran yang terjadi. Pihak bank akan menjadi penyalur penjualan rumah dengan harga sesuai nominal hutang yang ada.

Dan pelelangan rumah bisa jadi jalan tengah bagi nasabah untuk menghadapi gagal bayar. Jika tidak ada solusi lain, hal tersebut menjadi jalan tengah dari kemacetan kredit yang terjadi.

Intinya dalam proses pengamanan kpr yang macet ada penjadwalan ulang pada pinjaman. Lanjut dengan melakukan keringanan dan mengubah beban cicilan, sapai ke penataan kembali angsuran.

Dampak pada kredit macet

Jika mengalami kemacetan dalam pembayaran hutang bisa jadi denda lebih besar. Selain suku bunga yang membengkak, kredit yang ada jadi tidak aman dan membebankan kepada angota keluarga lainnya.

Nantinya akan mempersulit kehidupan

Jika mengalami kemacetan dalam pembayaran kredit mengganggu kenyamanan hidup di kemudian hari. Sebab pihak bank akan selalu mengecek SLIK OJK dalam semua pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ocbc