Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Ketika merek mesin cuci terbaikmu mengeluarkan sengatan listrik, itu berarti pertanda bahwa terdapat masalah pada mesin cuci kamu. Sebaiknya, kamu segera mencari tahu penyebab dari mesin cuci kamu yang nyetrum agar kamu bisa mencuci pakaian kamu dengan aman.

Merek mesin cuci terbaik yang nyetrum termasuk masalah yang umayan umum terjadi. Hal itu dapat disebabkan karena fungsinya yang mulai menurun atau terdapat komponen pada mesin cuci yang telah rusak dan perlu untuk diganti.

Merek mesin cuci terbaik yang nyetrum juga sangat berbahaya untuk penghuni rumah. Kerusakan yang terjadi pada komponen listrik dapat berisiko terjadinya korsleting. Hal itu bisa memicu terjadinya kebakaran atau membuat peralatan rumah lainnya jadi rusak.

Apabila merek mesin cuci terbaikmu nyetrum, langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu cabut aliran listrik yang menuju ke mesin cuci untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Lalu, apabila tidak dapat memperbaikinya sendiri, kamu bisa panggil teknisi untuk memeriksa kerusakan secara lebih lanjut.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Berikut penyebab mesin cuci ataupun di bagian pengeringnya nyetrum :

1. Listrik bocor dari motor dinamo

Hal ini ditandai dengan timbul rasa tersetrum ketika kamu memegang bagian luar pada mesin cuci. Untuk mengatasinya kamu bis pasang grounding yang sesuai jenis mesin cuci kamu. Dengan demikian, maka aliran listrik akan disalurkan pada tanah dan membuat mesin cuci kamu tidak akan nyetrum ketika disentuh.

2. Peletakkan mesin cuci

Apabila mesin cuci diletakkan pada area yang lembap seperti dekat kamar mandi atau di dalam kamar mandi, maka ada kemungkinan besar mesin cuci kamu akan nyetrum.

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik kamu letakkan mesin cuci pada area yang kering kecuali ketika mesin cuci kamu sedang dinyalakan.

3. Korsleting pada komponen mesin

Komponen lain yang dimaksud yaitu pada pengering mesin cuci. Kadang-kadang korsleting juga dapat menyebabkan mesin cuci rusak dan tidak dapat bekerja sama sekali. Untuk tahu penyebab dari pengering mesin cuci yang nyetrum, sebaiknya kamu panggil teknisi.

BACA JUGA : Tips Mengatasi Timer Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

4. Dinamo motor bermasalah

Dinamo motor bertanggung jawab sebagai penggerak pada mesin cuci. Karena dinamo tersebut sering dipakai, maka mungkin membuat dinamo motor menjadi panas dan terbakar, serta timbul adanya korsleting listrik, dan sengatan listrik ketika mesin cuci kamu sentuh.

Jika timbul bau gosong di mesin cuci, kamu patut curiga dengan dinamo motor yang mungkin terbakar. Kamu harus segera memanggil teknisi untuk mengecek dinamo motor.

5. Kabel bermasalah

Apabila penggunaan mesin cuci cukup lama, maka kemungkinan keadaan kabelnya juga sudah tidak baik. Seperti kabel yang terkelupas akibat dari gigitan tikus, hal itu dapat mengakaibatkan sengatan listrik ketika kamu menyentuh mesin cuci. Tidak cuma itu, pengeringnya juga bisa ikut rusak.

Masalah lainnya yaitu jika ternyata tidak terdapat kabel grounding yang berfungsi melepaskan muatan listrik yang berlebihan ketika mesin cuci sedang bekerja, caranya dengan mengalirkannya ke tanah.

Apabila terdapat kabel grounding, tetapi posisi pemasangannya tidak benar, maka akan berakibat pada mesin cuci jadi nyetrum.

Jika terdapat kabel yang sudah terkelupas, maka kamu bungkus di bagian kabel tersebut menggunakan isolasi listrik.

Tetapi, apabila keadaan kabel yang terkelupas tersebut lumayan parah, sebaiknya kamu ganti kabel yang baru.

Untuk memeriksa kondisi kabel grounding, kamu dapat menegecek kabel di kabel power yang mempunyai 3 warna.

BACA JUGA : 6 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Beserta Keunggulannya

Berikut tips mencegah merek mesin cuci terbaikmu nyetrum :

1. Atur pemakaian mesin cuci sesuai dengan jenis pakaian

Tiap jenis pakaian ataupun kain mempunyai moda pengaturannya sendiri. Pastikan kamu praktikkan pengaturan ini ketika mencuci pakaian. Dengan demikian, maka mesin cuci kamu akan lebih awet dan terlindungi dari hal yang menyebabkan mesin cuci nyetrum.

2. Gunakan detergen sesuai dengan takaran

Pakai detergen khusus untuk mesin cuci dan ikuti takaran yang disarankan. Jika detergen menghasilkan busa yang terlalu banyak, maka akan membuat dinamo motor perlu bekerja keras untuk memutar mesinnya. Hal itu dapat memicu kerusakan yang indikasinya yaitu kesetrum.

3. Tidak memasukkan logam ke dalam mesin cuci

Logam yang masuk ke mesin cuci, seperti koin yang tertinggal dalam saku celana bisa tersangkut dalam mesin atau masuk ke dalam mesin. Hal itu dapat merusak mesin dan mengakiabtkan mesin menimbulkan setrum.

BACA JUGA : 7 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Usaha Laundry

Itulah beberapa penyebab dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah merek kulkas terbaik kamu nyetrum. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia