Destinasi Wisata Terbaru 2024, Desa Wisata Dewi Sambi

Destinasi Wisata Terbaru 2024, Desa Wisata Dewi Sambi

Wisata terbaru 2024 Desa Wisata Dewi Sambi di Sleman-jadesta.kemenparekraf.go.id-

3. Candi Ijo

Candi Ijo merupakan salah satu candi yang bercorak Hindu dan diperkirakan dibangun antara abad ke-10 hingga ke ke-11 M, tepatnya pada zaman Kerajaan Medang periode Mataram.

Candi yang satiu ini berada di perbukitran sehingga wisatawan yang datang kesini bisa menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Sebelum ada Yogyakarata International Airport (YIA) di Kulonprogo, wisatwan bisa melihat pesawat yang landing atau take off dari Bandara Adisutjipto.

Daya tarik lain wisata terbaru 2024 Candi Ijo adalah pemandangan sunset yang dikenal cantik sehingga banyak wisatwan yang datang untuk menghabiskan waktu sore harinya disini.

Lokasi: Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman.

BACA JUGA : The Lost Word Castle : Wisata Terbaru 2024 Yogyakarta Sensasi Ala Dunia Fantasi

4. Spot Riyadi

Salah satu objek wisata di Desa Wisata Dewi Sambi adalah Spot Riyadi, yang menjadi tempat favorit bagi pemburu panorama. Wisatawan yang bisa menikmati dan memotret pemandangan cantik dari perbukitan Prambanan.

Di tempat wisata ini, salah satu pemandangan yang ditawarkan yaitu Candi Prambanan yang berpadu dengan hamparan pepohonan hijau yang tumbuh di sekelilingnya. Bahkan, jika cuaca cerah, pengunjung bisa mendapatkan panorama Gunung Merapi di utara dan Gunung Sumbing di sebelah barat.

5. Arca

Wisata edukasi lain di Desa Wisata Dewi Sambi adalah Arca Ganesha yang terletak di Dusun Dawangsari. Posisi situs arca tidak terlalu jauh dari pemukiman warga, tetapi letaknya tersembunyi di balik rerimbunan pohon dan semak belukar.

Selain itu, ada juga Arca Gupolo yang terletak di dusun Gunungsari yang posisinya jauh dari pemukiman warga. Penamaan Gupolo sendiri karena terdapat patung Agastya.

Bentuk arca ini sudah tidak lengkap, tetapi senjata trisula sebagai lambang dari Dewa Siwa masih terlihat jelas. Di sekitar arca Agastya terdapat tujuh arca Dewa Hindu dalam posisi duduk yang sudah tidak berkepala.

Dari beberapa destinasi wisata yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak tempat lainnya yang ada di Desa Wisata Dewi Sambi. Diantaranya ada Embung Pandanrejo, Embung Sumberwatu, Watu Payung, Bukit Srumbung dan sebagainya.

BACA JUGA : Destinasi Wisata Terbaru 2024 Instagramable Yogyakarta, View Keren Dengan Pesona Estetik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube @kemenparekraf