11 Cara Penggunaan Merek AC terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

11 Cara Penggunaan Merek AC terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

Cara Penggunaan Merek AC terbaik Yang Benar Agar Awet dan Hemat Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Bagi kamu yang saat ini baru saja atau telah lama menggunakan merek AC terbaik, penting untuk mengetahui cara penggunaan AC yang benar agar tetap hemat dan lebih awet.

Merek AC terbaik merupakan penyejuk udara yang berfungsi untuk menstabilkan suhu di dalam ruangan dan kelembapan di suatu area, sehingga membuat ruangan kamu jadi lebih nyaman.

Sayangnya merek AC terbaik banyak mengkonsumsi daya listrik, dan apabila kamu salah dalam pemakaiannya maka akan membuat AC jadi gampang rusak serta tidak mampu bertahan lama.

Sebagai solusinya untuk masalah tersebut, kamu bisa mencoba cara penggunaan merek AC terbaik yang benar di bawah ini. Sehingga AC kamu bisa awet dan hemat lsitrik. 

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

1. Tutup Ruangan Saat AC Menyala

Ruangan yang kondisinya tertutup akan membuat sirkulasi udara yang dihasilkan AC tidak terbuang ke ruangan yang lainnya, sehingga bisa mencapai suhu udara yang kamu inginkan dan kerja AC juga akan lebih efektif dan efisien.

Hindari buka tutup ruangan ketika menyalakan AC. Apabila ruangan secara terus menerus dibuka tutup maka akan menjadikan suhu di ruangan tidak stabil karena hawa panas yang berasal dari luar ruangan akan masuk dalam ruangan.

Apabila hal ini terjadi, maka akan membuat AC bekerja secara terus menerus untuk membuat suhu di dalam ruangan stabil.

2. Suhu AC Atur Di bawah 24 Derajat Celcius

Dengan mengatur suhu  yang tepat bisa menjadi cara yang mudah dalam menghemat pemakaian listrik di rumah. Karena biaya tagihan listrik AC boros atau tidak itu tergantung pada penggunaannya juga.

Suhu diatur tidak kurang dari 24 derajat Celsius. Pakai suhu ini sebagai batas maksimal pada pengaturan suhu AC kamu agar tagihan listrik kamu tidak melonjak.

3. Pilih AC Jenis Inverter

AC jenis interventer mempunyai kompressor yang fungsinya lebih baik. AC jenis ini bisa secara fleksibel menambahkan atau menurunkan beban kompresor yang dilakukan secara otomatis mengikuti keadaan di dalam ruangan dan dil uar ruangan.

Saat malam hari AC ini akan bekerja minimal tetapi saat siang hari kerja kompresor akan di kondisi yang normal. Daya listrik yang dipaka AC jenis ini bisa turun hingga  30% tergantung dari pemakaian AC tersebut. Tetapi AC jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dari AC biasa.

4. Pakai Mode Dry Pada Remote Saat Udara Lembab

Keitka musim hujan tiba biasanya udara akan jadi lembab, disarankan jangan pakai mode cool pada AC. Sebaiknya settingan remote kamu ubah jadi mode dry untuk membantu membuat kelembapan udara dalam ruangan jadi stabil dan suhu udara dalam ruangan tetap terjaga agar tetap sejuk.

Ketika udara sudah stabil, mode dry AC akan otomatis berubah jadi mode meniup angin dingin dimana hal ini tidak memerlukan banyak listrik.

BACA JUGA : Tips Menggantungkan Pewangi Pada Merek AC Terbaik Agar Ruangan Wangi

5. AC Tidak Perlu Matikan AC Jika Kamu Ingin Keluar Ruangan Sebentar

Mematikan AC walau hanya beberapa saat kamu tinggal keluar ruangan malah akan jadi lebih boros listrik karena mebutukanh daya listrik yang tinggi untuk membuat kompresornya menyala saat pertama kali digunakan, dibandingkan untuk membuat AC hidup dengan konsisten.

20% sampai 30% daya listrik akan diperlukan untuk menghidupkan kompressor bisa hingga lebih besar baru kemudian perlahan akan terus menurun ke batas yang normal.

Jadi lebih baik kamu biarkan saja AC menyala di ruangan apabila kamu hanya meninggalkan ruangannya sebentar.

6. Service AC

Indoor dan Outdoor AC harus dicuci secara rutin, jika tidak dilakukan maka kotoran dan debu yang menempel di suku cadang AC akan menyebabkan kinerja AC jadi lebih berat.

Kompressor  menjadi lebih panas dan memerlukan daya yang lebih tinggi untuk mendinginkan udara dalam ruangan.

Untuk AC yang 24 jam menyala seperti AC di kostan atau tempat usaha lainnya, biasanya dilakukan servis secara rutin satu bulan sekali. Untuk AC rumahan biasanya diservice 3 bulan sekali.

7. Jangan Terlalu Sering pakai Mode Powerful

Dengan mode ini, maka fan dan kompresor akan bekerja dengan lebih keras dan membuat biaya listrik rumah kamu jadi membengkak.

Maka dari itu, jangan terlalu sering memakai mode ini dan pastikan pakai timer supaya mode powerful dapat mati dengan otomatis ketika sudah tidak diperlukan.

8. Bersihkan Ruangan dengan Rutin

Untuk meminimalisir kotoran dan debu pada merek AC terbaik kamu harus bersihkan ruangan dengan rutin. Ruangan yang berdebu bisa berpengaruh pada kebersihan filter AC.

Hal ini yang menyebabkan filter AC lebih cepat kotor yang akan berimbas pada kinerja kompresornya.

9. Pilih AC ysudah ada tekonologi Sensor Gerak atau Sensor Manusia

Saat ini AC sudah dilengkapi berbagai teknologi, salah satunya yaitu teknologi sensor yang bisa mendeteksi manusia ataumendeteksi gerakan tubuh. AC jenis ini juga dapat mengurangi tagihan listrik.

Saat tidak terdeteksi adanya pergerakan dan tidak ada banyak orang dalam ruangan, maka AC akan secara otomatis mengurangi kerja kompressornya sehingga tagihan listrik jadi lebih irit.

Tetapi ketika AC mendeteksi adanya banyak gerakan dan manusia, maka secara otomatis AC akan bekerja sedikit lebih keras supaya udara dalam ruangan tetap dingin.

BACA JUGA : Berikut Cara Kerja, Fungsi Dan Tips Merawat Kompresor Merek AC Terbaikmu

10. Memasang Timer

Biasakan untuk memasang timer tiap kamu gunakan supaya listrik menjadi lebih hemat meskipun kamu pakai AC. Tentukan kapan seharusnya AC harus mati karena tidak terdapat orang dalam rumah atau sudah tidak dibutuhkan lagi.

11. Pastikan PK AC yang Dibeli Sesuai

Besaran PK yang semakin tinggi, maka daya yang dibperlukan juga akan semakin besar. Apabila PK terlalu kecil akan membuat kerja kompressor terlalu berat, sehingga membuat listrik jadi boros.

Sedangkan apabila PK terlalu besar, maka kompressornya juga akan terlalu besar, pemakaian sebaik apapun pasti lebih hemat yang kompressornya1/2 PK daripada 1 PK.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam penggunaan merek AC terbaik yang benar agar awet dan hemat listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: