Cara Cepat Dan Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Tipe Split

Cara Cepat Dan Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Tipe Split

Cara Cepat Dan Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Tipe Split-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Apabila kamu mempunyai unit merek AC terbaik tipe split, kamu pasti mengetahui betapa pentingnya untuk menjaga AC kamu agar tetap bekerja dengan efisiensi dan optimal.

Kamu juga tahu bahwa menjaga unit kamu agar tetap bersih akan membantu memaksimalkan kinerja dan usia penggunaannya. Cara membersihkan sistem merek AC terbaik tipe ini sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Keuntungan kamu membersihkan merek AC terbaik tipe split dengan teratur yaitu kualitas udara jadi lebih baik dan lebih hemat dalam penggunaan energi listrik.

Filter merek AC terbaik kamu harus dibersihkan setidaknya 2 kali setahun.Semakin sering AC tersebut digunakan dan dibersihkan filternya sendiri, maka akan semakin kecil kemungkinan akan terjadi masalah pada AC.

BACA JUGA : Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Air Merek AC Terbaik

Berikut cara mudah membersihkan merek AC terbiaik tipe split :

1. Matikan Listrik

Matikan listrik AC sebelum mulai membersihkan AC. Sehingga perangkat akan tetap aman digunakan dan tidak terjadi kerusakan pada listrik.

2. Periksa Petunjuk Produsen Kamu

Kamu perlu mengecek petunjuk dari pabrik pembuatnya agar tahu cara membersihkan dan merawat AC tipe split secara tepat. Beberapa model AC mungkin akan sedikit berbeda dalam desain atau cara pembersihannya.

3. Lepaskan Panel Depan

Untuk menjangkau bagian dalam AC, temukan kait atau tab yang menahan di panel depan. Bongkar kaitnya atau dorong tab tersebut, kemudian angkat panel ke atas secara hati-hati. Apabila panel tidak keluar, pegang menggunakan satu tangan untuk membersihkan di bagian dalamnya.

4. Lepaskan dan bersihkan Filter Udara

Filter udara berupa potongan persegi berukuran panjang yang diikat pada unit setelah kamu melepas atau mengangkat panel di bagian depan.

Cari tab yang menahan pada filter udara ke perangkat dan dorong tab untuk melepas filternya. Pakai sikat gigi atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dari filter secara perlahan-lahan.

Setelah filter udara berhasil dilepas dari unit dan bersihkan dari debu, cuci menggunakan air yang bersih dan dingin menggunakan sabun pencuci piring yang lembut untuk menghilangkan partikel kecil yang menempel.

Bersihkan filter dengan perlahan menggunakan spons atau dengan bantalan pembersih.

BACA JUGA : Keuntungan Menggunakan Smart Merek AC Terbaik Untuk Rumah Kamu

5. Bersihkan Filter Bakteri

Filter ini bisa dibersihkan caranya mirip dengan cara mencuci filter udara. Sebelum filter udara kamu pasang kembali, biarkan kering sepenuhnya melalui udara.

Agar bakteri dan kuman dari filter bersih, kamu juga bisa gunakan pembersih dan pemurni AC sekaligus akan membasmi bau tidak sedap yang dihasilkan dari AC.

6. Bersihkan Sirip Pendingin

Setelah filter udara lepas, kamu bisa melihat sirip pendingin, yang serupa dengan serangkaian garis logam yang terpasang pada AC.

Kamu bisa memasang kotak atau kantong pada peniup udara sehingga bisa mengumpulkan seluruh debu yang ada dari sirip-sirip tersebut.

Tiup secara lembut tanpa menyentuhnya ke semua permukaan garis-garis logam. Melakukan pembersihan  pada sirip akan membuat proses pendinginan jadi meningkat.

Pembersih AC tersebut kamu semprotkan sedikit saja ke sirip dan biarkan mengeering.

7. Bersihkan Kumparan

Kumparan merupakan elemen logam berbentuk melingkar yang mengalir melewati inti unit di dalam ruangan. Semprotan evaporator tanpa membilasnya merupakan solusi pembersihan paling efektif untuk koil-koil tersebut.

Setelah pembersih evaporator disemprotkan ke koil, diamkan sekitar 20 sampai 30 menit lalu bersihkan.

8. Semprotan Anti Jamur

Semprotan anti jamur untuk AC akan membantu mencegah pertumbuhan jamur di komponen dalam mesin. Pakai semprotan tersebut untuk mensterilkan sirip dan koil yang kemungkinan akan jadi tempat racun terbentuk.

Dengan bantuan ini, filter udara pada AC juga bisa dibersihkan. Sebelum filter udaranya dipasang lagi dalam AC, diamkan dulu semprotan tersebut kurang lebih selama 5 menit.

9. Perbaiki Filter Udara dan Bakteri

Filter udara dan bakteri kamu pastikan kondisinya sudah benar-benar kering sebelum dipasang ke AC. Untuk membersihkan seluruh kelembapannya secara cepat kamu bisa gunakan kain yang kering.

Pasang lagi kedua filter tersebut ke dalam AC. Filter akan memberikan udara bersih dan segar ketika kamu menghidupkan AC. Pasang panel depan, tutup panel secara aman dan seka menggunakan handuk yang kering.

10. Siram Saluran Pembuangan

Lepas pipa yang memisahkan anatara unit bagian dalam dan unit di luar ruangan. Alat penyiram bertekanan bisa membantu kamu dalam membersihkan saluran pembuangan pada AC.

Nosel bertekanan yang disertain dengan alat pembilas bertekanan bisa membantu untuk membersihkan penghalang pada saluran pembuangan.

Dengan memakai kekuatan air atau pembersih dan dengan bantuan dari nosel bertekanan, kamu bisa membuka saluran pembuangan pada AC.

Sebelum pipa kembali disambungkan dan menyalakan AC, pastikan bahwa saluran pembuangan sudah dikeringkan selama setidaknya 1 jam.

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

11. Aktifkan fungsi pembersihan mandiri AC

Deep Clean memakai molekul air di udara untuk membantu menghilangkan debu, dan kotoran lainnya, sehingga tingkat sterilisasi mencapai 99,99% untuk bakteri dan virus.

Program otomatis ini bisa memberikan cara yang mudah, efisien dan luar biasa untuk mendapatkan udara lebih bersih. Hanya dengan menekan tombol.

12. Bersihkan Bagian Luar

Kamu bisa lakukan ini dengan kain lap yang bersih dan sedikit deterjen yang lembut. Pastikan debu dan kotoran yang menumpuk pada siripnya kamu bersihkan.

Apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih bersih, pakai semprotan selang dengan air yang hangat dan sabun untuk membilasnya secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara cepat dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek AC terbaik tipe split, sehingga bisa bersih dengan maksimal. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: