Cara Menghidupkan Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Rusak Tanpa Relay

Cara Menghidupkan Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Rusak Tanpa Relay

Cara Menghidupkan Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Rusak Tanpa Relay-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kamu perlu berhati-hati jika makanan yang kamu simpan ke dalam merek kulkas terbaik tiba-tiba cepat basi. Kemungkinan besar udara dingin di dalam kulkas berkurang sehingga membuat kesegaran makanan yang disimpan di dalamnya jadi berkurang.

Udara di dalam merek kulkas terbaik yang tidak dingin lagi penyebabnya bisa karena adanya masalah di kompresor kulkas. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara untuk menghidupkan kompresor pada kulkas tanpa relay.

Kompresor merupakan jantung dari sistem pendingin pada merek kulkas terbaik. Apabila kompresor sudah rusak, maka sistem pendinginan pada kulkas juga akan ikut terganggu.

Hal itu mengakibatkan kesejukan di dalam merek kulkas terbaik tidak maksimal sehingga tidak mampu untuk menjaga kesegaran pada makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya.

Fungsi utama kompresor kulkas :

- Mengisap cairan refrigeran

- Memberi tekanan gas refrigeran

- Memompa refrigeran

Ciri-ciri kompresor kulkas rusak :

- Suara kulkas lebih berisik dari biasanya

- Suhu kulkas tidak dingin

- Daya arus listrik kompresor jadi meningkat

- Kompresor mati

 BACA JUGA : Bisa Ganti Sendiri, Berikut Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik

Beberapa penyebab kompresor kulkas mati :

1. Terjadi Overheat Pada Kompresor

Penurunan kinerja yang terjadi pada unit yang dikenal dengan sebutan overload bisa menyebabkan kompresor jadi overheating. Unit atau bagian kompresor tersebut memiliki fungsi menjaga suhu pada mesin kompresor agar tidak konsleting karena terlalu panas.

2. Komponen Overload Sudah Lemah

Apabila komponen (overload) sudah lemah, maka tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Apabila hal ini terjadi, maka overload dapat terlalu cepat dalam membaca suhu panas yang ada pada kompresor sehingga akan memutus aliran listrik. Hal ini mengakibatkan kompresor akan mati karena suhunya dianggap terlalu panas oleh overload.

3. Kipas Kondensor Bermasalah

Komponen ini bertanggung jawab untuk menurunkan suhu pada refrigeran saat terjadi proses kondensasi. Apabila kondensor bekerja dengan baik, maka uap gas freon akan berubah jadi cair dan suhu kulkas akan turun sendirinya.

Tetapi apabila kipas kondensor mengalami masalah, maka akan membuat beban kerja kompresor jadi bertambah sehingga dapat memicu terjadinya overheat atau overload.

4. Komponen Termostat Kulkas Rusak

Termostat memeiliki peran sebagai pemantau suhu dalam kulkas. Apabila suhu kulkas terlalu hangat, maka komponen ini akan mengaktifkan kompresor, lalu mematikannya saat suhu kulkas sudah dingin kembali sesuai dengan pengaturan.

Tetapi apabila termostat rusak, maka kompresor akan terus bekerja walaupun suhu di dalam kulkas sudah ideal. Hal ini dapat mengakibatkan kompresor jadi panas karena kompresor bekerja terlalu lama.

 BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek Kulkas Terbaik Yang Tepat Untuk Menjaga Kesegaran Makanan

Relay merupakan komponen pada kulkas yang berfungsi sebagai pelindung mesin, lebih tepatnya untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terdapat arus listrik yang tidak stabil.

Komponen ini juga bertanggung jawab memberikan arus listrik sementara kepada kumparan starting kompresor. Ketika dinamo kompresor telah berputar, kemudian arus listrik yang menuju kumparan starting akan diputus oleh relay.

Untuk membantu kompresor saat akan dihidupkan pertama kalinya, maka kompresor memerlukan terminal starting Tetapi, terminal starting tidak akan berfungsi kembali apabila terminal running sudah bisa memutar poros dinamo pada kompresor.

Selain itu, kulkas sering dikendalikan oleh relay tanpa terdapat terminal starting sehingga membuat kumparan utama di dinamo kompresor tidak dapat memutar poros ketika dinyalakan. Hal itu yang menjadi penyebab kompresor kulkas tidak dapat bekerja semestinya apabila terjadi kerusakan relay.

Berikut cara menghidupkan kompresor pada merek kulkas terbaik tanpa relay :

- Terminal con dan running dihubungkan dengan colokan listrik, tetapi jangan langsung kamu hubungkan ke arus listrik PLN.

- Sediakan kabel pendek untuk starting.

BACA JUGA : Kenali Fungsi Karet Pada Pintu Merek Kulkas Terbaik dan Cara Membersihkannya

- Sambungkan salah satu dari ujung kabel pendek ke terminal running. Pegang salah satu ujung kabel.

- Hubungkan colokan yang tadi ke terminal listrik PLN supaya listrik dapat mengalir ke kumparan running kompresor.

- Colokkan ujung kabel yang pendek ke terminal starting hingga kompresor kulkas hidup. Jika sudah hidup, cabut kabel tersebut.

- Jangan terlalu lama menghubungkan kabel pada terminal starting, karena dapat membuat kumparan pada kompresor jadi rusak.

Itulah beberapa penyebab kompresor merek kulkas terbaik mati dan cara yang bisa kmu lakukan untuk menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: