Kompresor Merek AC Terbaikmu Mati, Berikut Penyebabnya

Kompresor Merek AC Terbaikmu Mati, Berikut Penyebabnya

penyebab kompresor merek AC terbaik mati-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Tahukah kamu apakah yang akan terjadi jika kompresor merek AC terbaikmu mati? Faktanya masih banyak dari kita yang sering tidak mempedulikan kerusakan pada komponen yang satu ini.

Padahal komponen ini merupakan bagian yang sangat penting untuk mengatur aliran pada freon merek AC terbaik yang nantinya berfungsi untuk menghasilkan suhu yang dingin.

Berikut penyebab kompresor merek AC terbaik mati beserta cara untuk mengatasinya :

1. Arus dan tegangan listrik tidak stabil

Merek AC terbaik akan bekerja secara optimal jika tegangan dan arus listriknya sesuai kebutuhan AC. Kebutuhan suplai listrik untuk tiap jenis AC itu berbeda-beda. Apabila suplai listriknya tidak seimbang antara kebutuhan AC dengan suplai yang ada.

Maka akan menyebabkan masalah pada fungsi komponen pada AC. Bagian yang paling mudah untuk terdampak yaitu bagian yang terdapat pada motor kompresor AC.

2. Kompresor kekurangan oli

Tapi ternyata bukan cuma kendaraan saja yang memerlukan oli, tetapi Kompresor AC juga memerlukan oli, Adanya oli di kompresor AC ini berfungsi untuk jadi pelumas.

Oli yang mengalami kekurangan atau bahkan habis akan menyebabkan kebocoran di pipa, kondensor, ataupun evaporator AC.

Kebocoran yang terjadi dapat berakibat buruk di kompresor. Hal itu dikarenakan kompresor akan jadi gampang panas yang dapat mengakibatkan kumparan motor jadi terbakar hingga menjadikannya rusak.

Oleh sebab itu, kamu haarus selalu melakukan pengisian oli untuk kompresornya dan pakaioli yang memiliki standar sesuai dengan pabrik.

BACA JUGA : Ketahui Ciri-ciri Merek AC Terbaik Harus Diservis, Jangan Tunggu Sampai Rusak

3. Adanya sumbatan

Sumbatan yang terjadi pada aliran freon akan membuat kinerja kompresor jadi berat. Sumbatan tersebut akan membuat sistem pompa di kompresor jadi semakin berat dan tidak efektif.

Beban berat tersebut bisa terjadi dikarenakan sumbatan oleh kotoran yang membuat aliran yang dipompa oleh kompresor jadi tidak serimbang.

Alhasil kompresor akan dipaksa untuk menambah beban tekanan agar aliran dapat sesuai, sehingga akan terjadi tekanan yang berlebihan pada kompresor.

Sumbatan yang ada di kompresor bisa diatasi dengan cara melakukan flushing. Maksud dari flushing yaitu pengaliran suatu cairan nitrogen menuju ke dalam AC atau saluran yang tersumbat  tersebut.

Langkah ini akan sangat efektif dilakukan agar kotoran dari aliran bisa keluar. Jika hal ini tidak efektif, maka terdapat kemungkinan dibutuhkan penggantian pada bagian yang terjadi sumbatan.

4. Kompresor sudah terlalu lama

Kebanyakan komponen atau benda alat elektronik biasanya kemampuannya akan berkurang jika telah lama digunakan. Kompresor pada AC akan mengalami penurunan fungsinya saat sudah berusia antara 5 hingga 10 tahun.

Kompresor AC yang telah lama dipakai akan mengalami aus di bagian piston. Hal ini dapat diketahui dari evaporator yang sudah tidak bisa dingin, arusnya jadi kecil, dan tekanan pada freon sudah berkurang.

Selain itu, usia kompresor yang telah lama juga dapat menimbulkan karat di kompresor. Adanya karat di bagian kompresor tentu akan mengurangi fungsi kinerjanya. Karat yang ada pada kompresor AC akan menyebabkan kebocoran dan berakibat AC rmenjadi usak.

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Bunyi Berisik, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

5. Kesalahan dalam pengisian

Salah pada mengisi oli atau refrigeran bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada kompresor. Hal ini karena pengisian kedua bahan tersebut harus sesuai standar yang ditentukan dari pabrik.

Kesalahan pada saat melakukan pengisian oli dan refrigeran akan membuat komponen pada kompresor jadi rusak dikarenakan ketidak cocokan dengan bahan yang dipakai.

Itulah beberapa penyebab kompresor merek AC terbaik mati dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: